UNTUK INDONESIA
Dituding Contek Video Klip K-Pop IU, Via Vallen Minta Maaf
Via Valen meminta maaf kepada penggemar IU yang menudingnya melakukan plagiat dalam pembuatan video klip lagu berjudul Kasih Dengarkanlah Aku.
Penyanyi dangdut Via Vallen. (Foto: Instagram/viavallen)

Jakarta - Pedangdut Via Valen akhirnya mengakui bahwa video klip lagu miliknya yang berjudul Kasih Dengarkanlah Aku memiliki sejumlah kemiripan dengan video musik tembang Above The Time milik bintang K-Pop IU. Selain memberikan klarifikasi, ia juga meminta maaf kepada warganet yang menudingnya melakukan plagiat.

Namun begitu, Via Vallen menuturkan jika adanya sejumlah kemiripan sama sekali tidak ada unsur kesengajaan. Sang biduan mengaku bukan penggemar K-Pop sehingga tidak banyak tahu tentang video klip lagu Above The Time milik IU.

Melalui unggahan di Instagram-nya, Via Vallen menjelaskan bahwa ia bakal meminta penggantian konsep video klip kepada sutradara jika saja ia mengetahui sejak awal bahwa ada banyak kemiripan dalam video musik miliknya.

"Aku minta maaf soal music video terbaru aku yang ternyata memang muiripp banget sama music video IU," tulis Via Vallen melalui Instastory, dikutip Tagar pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

"Jujur, aku MALU banget pas tahu. Aku bakal minta videonya buat di-take down," ujar dia.

Lee Ji-eun atau IULee Ji-eun atau IU. (Foto: Instagram/dlwlrma)

Pada bagian akhir pernyataannya, Via Vallen kembali meminta maaf kepada UAENA, sebutan bagi para penggemar IU, yang memberikan kritik keras atas perkara dugaan tindak plagiarisme yang dilakukan sang biduan beserta timnya.

"Sekali lagi, dari lubuk hati yang paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya," tulis Via Vallen.

Sebelumnya, UAENA dalam pernyataannya di media sosial menuding Via Vallen melakukan tindak plagiat dalam proses pembuatan video klip lagu miliknya dengan mencontek klip tembang milik IU.

Selain menyayangkan tindakan tersebut, mereka menyatakan khawatir perkara ini dapat membuat citra orang Indonesia menjadi buruk di mata dunia kreatif internasional.

Sejumlah UAENA kemudian dengan kompak menuntut manajemen dan tim dari Via Vallen untuk sesegera mungkin menghapus video klip Kasih Dengarkanlah Aku milik sang biduan. []

Berita terkait
Debut Jadi Penyanyi, Syifa Hadju Rilis Lagu Setia Atau Bodoh
Bintang sinetron Syifa Hadju, menjajaki karier barunya di dunia terik suara dengan meluncurkan lagu berjudul Setia atau Bodoh.
GTV Siap Gelar Audisi Mencari Pengganti Didi Kempot
Stasiun televisi GTV siap menggelar audisi pencarian bakat menyanyi campursari bertajuk The Next Didi Kempot.
NCT 127 dan NCT U Siap Tampil di Program Tokopedia WIB
Grup boyband K-Pop NCT 127 dan NCT U bakal menyapa para penggemar mereka di Indonesia dalam acara televisi bertajuk Tokopedia WIB.
0
Padang Panjang Gagas Festival Ritual Nagari di Desa Wisata
Kota Padang Panjang menggelar festival ritual nagari di Desa Wisata Kubu Gadang.