UNTUK INDONESIA

Ditinggal Sebentar Dapur Rumah Ludes Terbakar di Kulon Progo

Dapur rumah di Temon, Kulon Progo, Yogyakarta terbakar saat pemilik memasak air. Tak ada korban jiwa, kerugian ditaksir jutaan rupiah.
Petugas menunjukkan sisa-sisa dapur rumah milik warga Jangkaran, Temon, Kulon Progo yang terbakar (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Satu dapur rumah milik Sigit Purnomo warga Pedukuhan Pasir Mendit, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, ludes terbakar pada Kamis, 19 November 2020 sekitar pukul 02.50 WIB. Penyebab dari kebakaran ini diduga berasal dari tungku yang digunakan untuk memasak air belum dimatikan.

Akibatnya, api membesar dan merembet mengenai dinding dapur. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun korban ditaksir menderita kerugian jutaan rupiah.

Baca Juga:

Kepala Sub Bagian Humas Polres Kulon Progo, Inspektur Polisi Satu I Nengah Jeffry mengatakan, Kejadian tersebut berawal saat Parjiyem yang merupakan istri korban, memasak air di dapur menggunakan kayu bakar sekitar pukul 02.00 WIB. Setelahnya, Parjiyem kemudian melakukan aktivitas lain yaitu membersihkan rumah.

Setelahnya Parjiyem memanggil suaminya Sigit Purnomo yang dilanjutkan dengan menghubungi Damkar.

Sekitar 50 menit kemudian, Parjiyem kembali ke dapur untuk mengecek air yang dimasak apakah sudah matang atau belum. Namun ternyata dia mendapati dapurny sudah dalam keadaan terbakar.

"Setelahnya Parjiyem memanggil suaminya Sigit Purnomo yang dilanjutkan dengan menghubungi Damkar. Bersama dengan warga, Damkar Kulon Progo berusaha memadamkan api bersama warga. Setelah satu jam, api dapat dipadamkan," ucap I Nengah Jeffry, di Kulon Progo, Kamis, 19 November 2020.

Baca Juga:

Sementara itu, Petugas Damkar Kulon Progo Nevo Roby Haryadi mengatakan, pihaknya menerjunkan dua unit mobil untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di Pasir Mendit tersebut. "Dalam proses pemadaman, kami dibantu Polisi, TNI, TRC BPBD Kulon Progo, Relawan setempat dan warga masyarakat,” ungkapnya. []

Berita terkait
Dua Rumah Warga Bea Leba Cibal Manggarai Hangus Terbakar
Dua rumah warga milik Dominikus Wowi dan Sisilia Konda di Bea Leba, Desa Nenu, Kecamatan Cibal Manggarai hangus terbakar. Ini penyebabnya
Loket Pengurusan STNK Ditlantas Polda Jatim Terbakar
Polda Jatim memastikan pelayanan STNK di ruang RTMC tidak akan terganggu, karena hanya satu loket yang terbakar.
Ditinggal ke Saudara, Rumah di Perbaungan Sergai Terbakar
Sebuah rumah di Perbaungan, Sedang Bedagai (Sergai) ludes terbakar. Si pemilik rumah sedang pergi ke saudaranya di Teluk Mengkudu.
0
Ditinggal Sebentar Dapur Rumah Ludes Terbakar di Kulon Progo
Dapur rumah di Temon, Kulon Progo, Yogyakarta terbakar saat pemilik memasak air. Tak ada korban jiwa, kerugian ditaksir jutaan rupiah.