Penyebab Kebakaran Dapur dan Kandang Milik Warga Kulon Progo

Kebakaran terjadi di Pedukuhan Selo Barat, Kalurahan Hargarejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Api melalap dapur dan kandang milik warga.
Petugas Pemadam Kebakaran memadamkan api yang melalap kandang dan dapur rumah warga di Pedukuhan Selo Barat, Kalurahan Hargarejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. (Foto: Tagar/ Istimewa/Harun Susanto)

Kulon Progo - Kebakaran terjadi di Pedukuhan Selo Barat, Kalurahan Hargarejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Kebakaran menimpa dapur dan kandang milik warga bernama Slamet Raharjo, 55 tahun.

Seorang petugas Pemadam Kebakaran Kulon Progo, Nevo Roby Haryadi mengatakan kebakaran tersebut diduga berasal dari api yang terletak dekat kandang. Saat itu, pemilik rumah baru saja memasak di dekat kandang.

Akhirnya sebagian dapur di rumah korban ikut terbakar.

"Bara api dimungkinkan belum mati pada saat itu," ucap Nevo Roby Haryadi di Kulon Progo, Selasa, 10 November 2020.

Nevo Roby menduga bara api bekas memasak belum mati terkena angin dan kemudian membesar. Api yang mengenai kandang dan membesar akhirnya merembet ke dapur.

Baca juga:

"Akhirnya sebagian dapur di rumah korban ikut terbakar," ujarnya.

Kepala Kepolisian Sektor Kokap, Ajun Komisaris Sujarwo membenarkan adanya peristiwa terjadi di kandang dan dapur. Akibat kejadian kebakaran ini. 

"Slamet Raharjo mengalami kerugian kurang lebih Rp 8 juta. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," tuturnya.

Sejumlah pihak terlibat dalam pemadaman kebakaran tersebut yaitu Polisi, TNI, Relawan Damkar Taruna Agni Kulon Progo, TRC BPBD Kulon Progo, RAPI Kokap, Pemadam Kebakaran Kabupaten Kulon Progo dan warga masyarakat.[]

Berita terkait
Abrasi Ancam Konservasi Penyu di Pantai Trisik Kulon Progo
Konservasi penyu di Pantai Trisik, Galur, Kulon Progo, Yogyakarta, terancam akibat abrasi yang kian memprihatinkan.
Korban Longsor di Kulon Progo Terima Bantuan Bedah Rumah
Pemkab Kulon Progo dan Baznas memberikan bantuan kepada korban tanah longsor di Kokap. Bantuan berupa uang tunai untuk bedah rumah dan jamban.
Dua Nelayan Kulon Progo Selamat Diterjang Ombak Tinggi
Ombak tinggi sedang melanda perairan selatan Yogyakarta. Kapal nelayan rusak di Kulon Progo diterjang ombak tinggi. Dua nelayan selamat.
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.