Ditinggal ke Saudara, Rumah di Perbaungan Sergai Terbakar

Sebuah rumah di Perbaungan, Sedang Bedagai (Sergai) ludes terbakar. Si pemilik rumah sedang pergi ke saudaranya di Teluk Mengkudu.
Warga dan petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang meludeskan rumah di Perbaungan, Serdang Bedagai (Sergai), Jumat malam, 13 November 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Serdang Bedagai - Sebuah rumah di Jalan Teratai, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, ludes terbakar. Saat kebakaran terjadi, pemilik rumah sedang pergi ke rumah saudaranya. 

Kejadian nahas tersebut menimpa rumah milik keluarga Dedi, 30 tahun, di Lingkungan Juani, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Perbaungan. Api mulai membara, membakar rumah, Jumat malam, 13 November 2020, sekira pukul 21.00 WIB. 

Kepala Polsek Perbaungan Ajun Komisaris Polisi Viktor Simanjuntak membenarkan insiden kebakaran rumah milik Dedi. Pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian setelah mendapatkan informasi dari warga.

"Di lokasi, warga saling membantu memadamkan api, kemudian mobil pemadam kebakaran Pemkab Sergai juga turun untuk memadamkan api yang menyambar rumah korban," kata dia kepada awak media, Sabtu, 14 November 2020.

Di lokasi, warga saling membantu memadamkan api.

Hasil penyelidikan polisi di lapangan menyebutkan, saat kebakaran terjadi si pemilik rumah sedang tidak berada di rumahnya. Keterangan dari warga, Dedi tengah berada di kerabatnya yang tinggal di Teluk Mengkudu. 

Awal mula, warga melihat asap disertai api dari dalam rumah korban. Menyadari bahaya api, sejumlah tetangga Dedi berupaya melakukan pemadaman. Namun karena pintu tertutup, akhirnya mendobrak dan melakukan pemadaman api di bagian dapur. 

Upaya pemadaman dilakukan secara manual, bergotong royong menggunakan ember dan selang. Sebagian warga juga berupaya memadamkan lewat bagian belakang rumah menggunakan tangga.  

"Warga berusaha memadamkan api. Api akhirnya bisa cepat dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Sergai tiba dilokasi kejadian," tuturnya.

Baca juga: 

Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Namun seluruh barang dan perabotan di dalam rumah ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 150 juta. 

Polisi masih mendalam kasus tersebut guna mengetahui penyebab munculnya api. Namun dugaan awal imbas hubungan arus pendek di jaringan listrik rumah korban.

"Saat ini, kami masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran itu, saksi dan pemilik rumah akan kami ambil keterangannya untuk proses lebih lanjut," imbuh Viktor. []

Berita terkait
Gudang Mebel Terbakar Hebat di Jepara, Ini Kisaran Kerugian
Kebakaran hebat menghanguskan gudang mebel di Jepara. Ini kisaran kerugian akibat kebakaran tersebut.
Ditinggal Salat, Motor Penjual Cilok di Yogyakarta Terbakar
Ditinggal salat Isya, motor dan gerobak tukang bakso cilok di Yogyakarta hangus terbakar. Diduga lupa mematikan api kompor gas di gerobak.
Ditinggal Berobat, Rumah Warga di Temulus Kudus Terbakar
Rumah milik warga di Desa Temulus, Mejobo, Kudus, terbakar. Rumah sedang ditinggal pergi pemiliknya berobat di rumah sakit.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.