Disporyata Depok akan Kembangkan Potensi Wisata Air Situ

Situ menjadi lokasi alternatif wisata warga di Kota Depok untuk mengisi hari libur.
Ilustrasi wisata air Situ. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok akan mengembangkan potensi wisata air, khususnya 11 lokasi wisata air Situ di Kota Depok yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). 

"Terdapat 11 lokasi wisata air Situ yang dikelola Pokdarwis setempat. Pengembangan wisata air yang memanfaatkan lahan Situ sebelumnya sudah memiliki izin dari Balai Besar Waduk dan Sungai Ciliwung Citarum (BBWSCC)," kata Kasi Pengembangan Destinasi dan Industri Usaha Pariwisata Disporyata Kota Depok, Christine Desima Arthauli di Balai Kota Depok, Senin, 13 September 2021.

Christine meyebutkan, 11 lokasi situ yang dimaksud berada di Kelurahan Pengasinan, Sawangan dan Bojongsari, Kalibaru, Cisalak, Curug, dan sejumlah lokasi lainnya. Disporyata Kota Depok mendukung potensi wisata air dengan membantu pengadaan sepeda air. 

"Sudah ada izin dari BBWSCC dan yang mengelola wisata air di Situ yakni Pokdarwis setempat yang sudah terbentuk. Namun semenjak pemberlakuan PPKM pariwisata di Kota Depok ditutup sementara,” ujarnya,

Wisata air di Kota Depok tidak diperkenankan untuk beroperasi selama pemberlakukan PSBB hingga PPKM ubruk memutus mata rantai penularan Covid-19. Sebelum pandemi Covid-19, Situ menjadi lokasi alternatif wisata warga di Kota Depok untuk mengisi hari libur. 




Pengembangan wisata air Situ memiliki risiko yang harus diperhatikan dan tidak melupakan fungsi utama di lokasi tersebut. Contohnya, situ merupakan daerah resapan air atau kantong air sehingga pengembangan wisata air tidak boleh menghilangkan fungsi situ. Fungsi utama situ merupakan obeservasi alam dan penyerapan air, dan cadangan air.




"Rencananya kami akan memberikan bantuan pengadaan untuk Pokdarwis," kata Christine.

Disporyata Kota Depok akan memberikan pengadaan untuk spot foto di lokasi wisata air. Pengadaan tersebut berupa tulisan, tematik, gambar hewan, dan penunjang lainnya seperti lampu taman.

"Pengembangan wisata air Situ memiliki risiko yang harus diperhatikan dan tidak melupakan fungsi utama di lokasi tersebut. Contohnya, situ merupakan daerah resapan air atau kantong air sehingga pengembangan wisata air tidak boleh menghilangkan fungsi situ. Fungsi utama situ merupakan obeservasi alam dan penyerapan air, dan cadangan air," jelasnya.

Selain wisata air Situ, Pemkot Depok juga berencana untuk mengembangkan potensi wisata air lainnya, yakni wisata sungai. Sebelum melakukan pengembangan wisata sungai, diperlukan kesiapan Pokdarwis dalam pengelolaan wisata sungai. 

"Kami masih menunggu pembentukannya karena kami hanya memfasilitasi wisata sungai, salah satunya di Kelurahan Ratu Jaya," kata Christine.  []


Baca Juga :











Berita terkait
Pemkot Depok Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021
Di tengah ingar-bingar kasus Covid-19, Pemkot Depok resmi membuka penerimaan calon CPNS dan PPPK 2021 yang sudah diatur dalam surat pengumuman.
Pemkot Depok Putar Lagu Indonesia Raya Tiap Tanggal 17
Pemerintah Kota Depok melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok berencana memutar lagu Indonesia Raya setiap tanggal 17.
Target 50% Anak, Pemkot Depok Siapkan 150 Ribu Blanko KIA
Pemerintah Kota Depok targetkan anak di Depok memiliki Kartu Identitas Anak.
0
Disporyata Depok akan Kembangkan Potensi Wisata Air Situ
Situ menjadi lokasi alternatif wisata warga di Kota Depok untuk mengisi hari libur.