UNTUK INDONESIA
Air Terjun Suwono Wisata Baru Ngawi Jawa Timur
Air Terjun Suwono berada di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
Air Terjun Suwono Ngawi, Jatim mulai dilirik wisatawan. (Foto: Antara/HO)

Jakarta - Air Terjun Suwono berada di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, sekarang ini mulai dilirik wisatawan, seiring semakin dikenalnya objek wisata yang baru dibuka beberapa tahun terakhir itu.

Tempatnya sangat alami, hijau, dan segar.

Petugas loket setempat, Ipank mengatakan dalam sehari jumlah pengunjung di tempat wisata baru tersebut berkisar atara 50 hingga 100 orang.

"Kalau hari Sabtu dan Minggu atau akhir pekan bisa mencapai dua kali lipat dari hari-hari biasa," ujar Ipank di Ngawi, Rabu, 30 Oktober 2019, seperti diberitakan Antara.

Karena merupakan objek wisata baru, lanjutnya, maka di tempat tersebut masih minim fasilitas umum. Meski demikian, pihak pengelola yang merupakan warga desa setempat bekerja sama dengan Perhutani dan Pemkab Ngawi, berusaha segera menyediakan fasilitas umum yang paling penting dibutuhkan, di antaranya toilet dan tempat salat.

Salah satu pengunjung, Putri mengaku sengaja datang ke objek wisata Air Terjun Suwono untuk mencari udara sejuk di saat cuaca panas belakangan ini.

Meski masih minim fasilitas, gadis tersebut mengaku betah berlama-lama di lokasi Air Terjun Suwono. Ia menilai tempat tersebut masih alami dan belum banyak tersentuh tangan manusia.

"Tempatnya sangat alami, hijau, dan segar. Kalau datang ke Sarangan, Magetan, kejauhan. Terus dengar kabar ada tempat wisata air terjun baru, makanya datang," kata Putri yang merupakan warga Mantingan, Ngawi.

Data Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Ngawi mencatat, Air Terjun Suwono memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun tersebut bercabang dua dan berada di lereng Gunung Lawu.

Selain Air Terjun Suwono, Pemkab Ngawi masih memiliki sejumlah objek wisata air terjun lainnya di lereng Gunung Lawu yang menjadi andalan. Di antaranya Air Terjun Srambang atau Srambang Park, Air Terjun Pengantin, dan Air Terjun Teleng.

Diharapkan, Air Terjun Suwono dapat berkembang dan menjadi objek wisata andalan di Kabupaten Ngawi guna mendukung tingkat kunjungan wisatawan ke daerah setempat. []

Berita terkait
Nusa Pombo dan Empat Wisata Terindah di Ambon
Kota Ambon memiliki banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, apa sajakah itu?
Lima Wisata Instagramable Malang Wajib Dicoba
Malang di Jawa Timur memiliki potensi wisata menawan, mulai dari pegunungan, pantai hingga air terjun yang dapat membuai para wisatawan.
Wisata Sumenep Makan Korban, Dua Anak Tewas Tenggelam
Dua anak Sekolah Dasar (SD) tewas setelah terseret ombak dan tenggelam di Pantai Sembilan Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep
0
Ahok Masuk BUMN di Mata Dosen UGM Yogyakarta
Ahok dikabarkan mengisi jabatan tinggi di BUMN. Statusnya mantan napi tidak masalah, yang menjadi masalah statusnya sebagai kader partai politik.