UNTUK INDONESIA
Dispenal Klarifikasi Perwira TNI AL Punya Ramuan Anti Corona
Kadispenal Laksma TNI Mohamad Zaenal mengklarifikasi pemberitaan yang beredar tentang personel TNI AL bernama Laksma TNI Suradi A.S.
Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Mohamad Zaenal (Foto: tnial.mil.id)

Jakarta - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Mohamad Zaenal mengklarifikasi pemberitaan yang beredar di beberapa media tentang personel TNI AL bernama Laksma TNI Suradi A.S, yang mengaku memiliki ramuan herbal untuk mencegah dan mengobati virus corona (Covid-19). Menurut Zaenal, berita tersebut tidak dirilis resmi oleh Dispenal, melainkan murni atas nama pribadi yang bersangkutan.

Lebih lanjut Kadispenal menegaskan apa yang disampaikan Suradi dalam pemberitaan tersebut, sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedinasan TNI AL dan tidak berkaitan dengan Dinas Kesehatan TNI AL.

Dengan adanya klarifikasi ini, Kadispenal menghimbau agar pemberitaan tersebut tidak dikaitkan lagi dengan institusi TNI Angkatan Laut. “Saya berharap agar pemberitaan berikutnya tidak menyertakan institusi TNI Angkatan Laut,” kata Kadispenal.

Sebelumnya, seorang perwira tinggi TNI Angkatan Laut (AL) bernama Laksma TNI Dr Suradi AS, S.Sos, S.T, MM, memperkenalkan ramuan herbal yang ampuh untuk pasien Covid-19. Dia berharap bisa segera diproduksi massal oleh pemerintah. Dia menyatakan, ramuan herbal ini merupakan hasil kerja keras ahli mikro biologi Indonesia.

Baca juga: Perwira TNI AL Klaim Punya Ramuan Ampuh Anti Corona

"Semua bahannya dari herbal, ada satu persen yang rahasia. Masa expired-nya lima tahun. Jadi ini herbal. Bayi, anak kecil, ibu hamil dan menyusui, orang tua nggak apa-apa mengonsumsi," ujar Dr Suradi, kepada wartawan, Senin, 27 April 2020.

Dr SuradiLaksma TNI Dr Suradi AS, S.Sos, S.T, MM. (Foto: ist)

Suradi menjelaskan, selama ini sudah menguji coba ramuan herbal ini untuk masyarakat yang dinyatakan positif coronavirus Covid-19, dan hasilnya mereka sembuh. Dia juga mengaku telah memberikan ramuan ini kepada paramedis, anggota TNI-Polri hingga pejabat daerah.

"Satu pun yang saya obati enggak ada yang enggak sembuh. Secara fisik, saya sendiri dan keluarga setelah mengonsumsi, saya ketemu orang positif pun saya salaman enggak akan nular. Sampai sekarang sehat," kata Suradi. []


Berita terkait
Kompak, TNI Polri di NTB Bagi Makanan ke Warga
TNI Polri di NTB patroli bersama membagikan masker dan makanan yang dimasak bersama ke warga yang terdampak Covid-19.
Jokowi Minta TNI Polri Tetap Bertindak Persuasif
Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan Presiden Jokowi menugaskan TNI dan Polri untuk bertindak persuasif.
TNI Bakal Dilibatkan Jika Terapkan Darurat Sipil
Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan dilibatkan apabila pemerintah pusat menerapkan kebijakan darurat sipil untuk menenkan penyebaran corona.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.