Dibuka Kembali! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-17 dibuka mulai Sabtu, 5 Juni 2021, dengan kuota 44 ribu peserta untuk pengembangan kompetensi.
Ilustrasi - Kartu Prakerja gelombang ke-17. (Foto: Tagar/Bratanews)

Jakarta - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-17 dibuka mulai Sabtu, 5 Juni 2021, bagi calon peserta yang ingin mendaftar dapat mengakses pendaftaran Kartu Prakerja melalui situs https://prakerja.go.id.

"Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 dibuka hari ini jam 12.00 WIB," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, melalui pesan singkat kepada wartawan, Sabtu, 5 Juni 2021.

Louisa mengatakan terdapat kuota 44 ribu peserta pada gelombang Kartu Prakerja kali ini.

Menurutnya, jumlah ini diambil untuk memulihkan kepesertaan yang sempat dicabut atau gugur pada gelombang 12 hingga 16, karena peserta tidak membeli pelatihan setelah 30 hari menerima saldo pada Kartu Prakerjanya.

Upaya tersebut merupakan mandat dari Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Aturan itu menyatakan apabila dalam 30 hari usai menerima uang pelatihan Kartu Prakerja peserta belum membeli pelatihan pertama, maka status kepesertaannya dicabut.

Kartu Prakerja sendiri merupakan program besutan Presiden Joko Widodo yang dibuat dalam rangka mendorong masyarakat yang menganggur dan belum punya keterampilan mengikuti pelatihan dan pembinaan.

Jika memenuhi syarat tertentu dan mengikuti pelatihan dan pembinaan yang disediakan oleh program tersebut, maka peserta bakal diberikan insentif berupa uang.

Untuk semester pertama tahun ini, pemerintah mengalokasikan Rp10 Triliun untuk dana Kartu Prakerja.

Manfaat dari dana Kartu Prakerja yang diberikan pemerintah ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda. Dengan uang ini, Anda bisa mengikuti program pelatihan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill sebagai persiapan mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha.

Selain itu, uang saku yang tidak digunakan untuk membayar kelas pelatihan bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau sebagai modal bisnis, mengingat sulitnya mendapatkan pekerjaan di masa pandemi ini.

Dengan menjadi penerima Kartu Prakerja, Anda memiliki kesempatan untuk ikut program pelatihan dari mitra Kartu Prakerja. Anda juga bisa mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah Anda miliki agar lebih mantap lagi.

Melalui program Kartu Prakerja, pemerintah akan menanggung biaya pelatihan sebesar 1 juta untuk 1 orang sesuai jumlah kuota yang diberikan.

Bagi fresh graduate atau korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), ilmu yang Anda dapatkan nantinya bisa membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaa. []

Berita terkait
Tiga Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 14
Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 14 dibuka pada Kamis, 11 Maret 2021, Pukul 12.00, tersedia kuota untuk 600.000 orang. Begini cara daftar.
Video: Curahan Hati Pengguna Kartu Kredit, Terjerat Utang Rp 200 Juta
Nonton video di sini, seorang pengguna kartu kredit terjerat utang sampai Rp 200 juta. Bagaimana ia keluar dari situasi itu, simak curahan hatinya.
Menko Airlangga: 5,9 Juta Orang Sudah Terima Kartu Prakerja
Penerimaan program Kartu Prakerja sampai saat ini sudah mencapai 5,9 juta orang dari total 43 juta pendaftar.
0
Dibuka Kembali! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17
Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-17 dibuka mulai Sabtu, 5 Juni 2021, dengan kuota 44 ribu peserta untuk pengembangan kompetensi.