Tiga Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 14

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 14 dibuka pada Kamis, 11 Maret 2021, Pukul 12.00, tersedia kuota untuk 600.000 orang. Begini cara daftar.
Kartu Prakerja Gelombang 14. (Foto: Tagar/Instagram @prakerja.go.id)

Jakarta - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 14 telah dibuka pada Kamis, 11 Maret 2021, Pukul 12.00. Gelombang ini menyediakan kuota untuk 600.000 orang.

Untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja gelombang 14, syaratnya adalah.

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia di atas 18 tahun

3. Tidak sedang sekolah atau kuliah

Cara mengikuti seleksi Kartu Prakerja gelombang 14 adalah.

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun

4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka

6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS


Kartu PrakerjaKepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Sesmenko Susiwijono, dan perwakilan mitra resmi Kartu Prakerja memberikan keterangan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020. Pemerintah meluncurkan situs Kartu Prakerja yang diharapkan dapat membantu tenaga kerja yang terdampak Covid-19 untuk meningkatkan keterampilan melalui berbagai jenis pelatihan secara daring yang dapat dipilih sesuai minat masing-masing pekerja. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)


Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja/buruh yang terkena PHK dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. 

Untuk merespons dampak dari pandemi Covid-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya. []

Berita terkait
Kartu Prakerja Gelombang 12 Dimulai, Segini Bantuan Dananya
Program Kartu Prakerja di tahun 2021 Gelombang 12 dimulai sejak Selasa, 23 Februari 2021. Apa saja bantuan diperoleh peserta Kartu Prakerja 2021?
Menko Airlangga: 5,9 Juta Orang Sudah Terima Kartu Prakerja
Penerimaan program Kartu Prakerja sampai saat ini sudah mencapai 5,9 juta orang dari total 43 juta pendaftar.
KSP Sebut 30% Peserta Prakerja Berubah Jadi Pekerja - Wirausaha
Kantor Staf Presiden (KSP) menyampaikan antusiasme masyarakat terhadap program Kartu Prakerja yang menyedot minat luar biasa dari masyarakat.
0
Perempuan Kulit Hitam Pertama Jadi Kepala Polisi Columbus
Seorang wakil kepala polisi di Detroit, Amerika Serikat (AS) dinyatakan akan menjadi kepala polisi Columbus berikutnya