UNTUK INDONESIA
Dianggap Berdusta, EWI: Anies Tak Pantas Jadi Capres
Ferdinand Hutahaean menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak layak menjadi Calon Presiden (Capres) tahun 2024 mendatang.
Ganjar Pranowo di antara Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

Jakarta - Politisi Partai Demokrat sekaligus Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI) Ferdinand Hutahaean menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak layak menjadi Calon Presiden (Capres) tahun 2024 mendatang.

Dia berpandangan, karakter Anies yang kerap kali melakukan tipuan logika terhadap masyarakat Provinsi DKi Jakarta tidak baik jika dibiarkan memimpin Indonesia.

Masa bangsa ini capresnya seperti Anies? Janganlah, masih banyak orang jujur dan baik di negeri ini bukan yang ingkari janjinya sendiri

"Kalau karakter Anies seperti ini tipu-tipu logika, ya tidak layak jadi pemimpin, tidak patut jadi Capres. Masa bangsa ini capresnya seperti Anies? Janganlah, masih banyak orang jujur dan baik di negeri ini bukan yang ingkari janjinya sendiri," kata Ferdinand dihubungi Tagar, Senin, 13 Juli 2020.

Dia menyarankan agar Anies menjadi sosok yang tidak ingkar janji jika berkeinginan membangun bangsa ini melalui eksistensinya sebagai calon presiden ke depan.

"Pesanku kepada Anies, kalau mau jadi pemimpin, maka antara ucapan dan perbuatan harus konsisten, jangan plintat-plintut, karena integritas manusia diukur dari ucapan dan perbuatan," ujarnya.

Hal itu dilontarkannya karena kebijakan Anies yang bersikeras melaksanakan perluasan daratan seluas 155 ha atau reklamasi di kawasan wisata Ancol.

Padahal kata dia, pada ketika kontestasi Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, saat berhadapan dengan petahana Ahok-Djarot, Anies terang-terangan menolak reklamasi. Namun, janji itu diingkari oleh Anies.

Baca juga: Tipu-tipu Logika Anies Baswedan Soal Reklamasi Ancol

Baca juga: Penolakan Reklamasi Ancol Jangan Adu dengan Agama

"Saya melihat Anies tega membohongi janjinya tentang reklamasi. Dulu Anies menolak reklamasi dengan alasan Jakarta akan banjir makin besar. Kok bisa sekarang Anies bicara bahwa reklamasi yang dia kerjakan akan mengurangi banjir?" kata dia. []

Berita terkait
Reklamasi, Anies Baswedan Merasa Tidak Ingkar Janji
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa tidak ingkar janji kampanye dengan mereklamasi kawasan Ancol yang menurutnya pro rakyat.
Bamus Betawi Tolak Anies Baswedan Reklamasi Ancol
Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) mengungkit janji kampanye pasangan Anies Baswedan soal menolak reklamasi di DKI Jakarta.
Reklamasi Ancol Gunakan Lumpur Sungai dan Waduk
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menjelaskan reklamasi kawasan pantai barat dan pantai timur Ancol menggunakan tanah lumpur sungai dan waduk
0
Politisi PKB Sebut BBKSDA Sumut Melindungi Perusak Ekosistem
BBKSDA Sumatera Utara dituding melakukan pembiaran terhadap aktivitas perkebunan kelapa sawit yang merusak ekosistem.