Desa Kaloling Bakal Jadi Pusat Perkebunan Jeruk di Bantaeng

Pemkab Bantaeng melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bantaeng melakukan penanaman pertama 1.800 pohon jeruk di Desa Kaloling.
Penyerahan bibit Jeruk oleh Bupati Bantaeng kepada petani Desa Kaloling, rabu, 6 Januari 2021. (Foto:Tagar/Humas Pemkab Bantaeng)

Bantaeng - Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bantaeng melakukan penanaman pertama 1.800 pohon jeruk di Desa Kaloling, Kabupaten Bantaeng, Rabu, 6 Januari 2021.

Kawasan ini disebut akan menjadi pusat perkebunan jeruk di Kabupaten Bantaeng. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bantaeng, Budi Taufiq menyampaikan bibit-bibit pertanian ini merupakan bibit berkualitas yang ada di Bantaeng. 1.800 bibit jeruk ini bisa memperkokoh keberadaan pohon jeruk di Kaloling yang sudah ada sebelumnya.

"Ini adalah sebuah tekad untuk meningkatkan taraf hidup petani di Bantaeng," terangnya.

Desa Kaloling memang menjadi salah satu daerah penghasil produksi buah jeruk yang cukup melimpah. Diperkirakan terdapat 7.300 pohon jeruk yang sudah siap panen di tahun ini. Selain jeruk, terdapat tanaman lain berupa rambutan, jagung dan sebagainya.

Ini adalah apresiasi dan penghargaan, karena Bantaeng mampu mempertahankan dan meningkatkan produksi pertanian

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menyampaikan hal ini merupakan bagian dari komitmen kebersamaan dengan orientasi guna memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Dia juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut serta meningkatkan produksi pertanian ini di masa pandemi.

"Ini adalah apresiasi dan penghargaan, karena Bantaeng mampu mempertahankan dan meningkatkan produksi pertanian. Kita jaga ini bersama-sama," ungkapnya.

Dia mengatakan, teknologi pertanian dan peternakan yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Bantaeng merupakan salah satu wujud pengembangan kreativitas di masa pandemi ini. ia berpendapat, hal ini membuktikan bahwa petani dan peternak di Bantaeng tetap bisa berproduksi di masa pandemi ini.

"Saya bahagia sekali. Saya melihat teknologi peternakan yang bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk pertama kalinya, saya bisa ikut beraktivitas dalam membuahi sapi," tuturnya.

Bupati Bantaeng juga memberikan apresiasi kepada partai politik Bantaeng atas bantuan bibit tersebut, petani di Bantaeng bisa mengembangkan jeruk di Desa Kaloling.

"Kami menjadi jembatan atas aspirasi-aspirasi partai politik. Karena muaranya adalah kita bersama-sama berkontribusi memberikan kesejahteraan untuk masyarakat," ungkapnya. []

(Handini Nuramelia)

Baca juga: 

Berita terkait
Bupati Bantaeng Bagikan Perlengkapan Sekolah Gratis
Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin membagikan perlengkapan sekolah gratis untuk para pelajar Kabupaten Bantaeng.
Bupati Bantaeng Serahkan Bantuan Benih Kepada Petani Desa
Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menyerahkan secara simbolis bantuan benih bawang berkualitas kepada sejumlah petani.
Mobil Patroli Polisi Seruduk Jemaah Tausiyah di Bantaeng
Mobil patroli Satuan Lalu Lintas Polres Bantaeng menabrak sejumlah mobil milik jemaah yang tengah mendengarkan tausiyah
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.