UNTUK INDONESIA
Deretan Pantai Paling Berbahaya di Asia Tenggara
Pantai di Asia Tenggara memiliki keindahan yang tak akan ditemukan di pantai manapun. Namun, ada beberapa pantai yang berbahaya untuk wisatawan.
Pantai Koh Tao, Thailand (Foto: www.booking.com)

Jakarta - Pantai di Asia Tenggara terkenal karena keindahan, beberapa pantai menjadi favorit ketika memasuki musim liburan. Di balik keindahannya, ternyata ada pantai berbahaya untuk dikunjungi. Bukan karena keamanannya, tetapi karena beberapa faktor yang membuatnya jadi berbahaya.

Berikut Tagar rangkumkan 10 daftar pantai berbahaya di Asia Tenggara menurut The Travel.

1. Pantai Kuta Bali, Indonesia

Pantai KutaPantai Kuta, Indonesia (Foto: azzamtours.blogspot)

Pantai Kuta Bali menjadi salah satu yang berbahaya menurut The Travel. Tetapi bahaya di sini bukan dari segi keamanan, melainkan dari kebersihannya.

Saat musim hujan datang, sampah musiman yang sering datang membuat Pantai Kuta menjadi yang paling kotor di Bali. Bila tidak ditangani dengan serius ada kekhawatiran nantinya akan menjadi Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

2. Pantai Sipadan, Malaysia

Pantai SipadanPantai Sipadan, Malaysia (Foto: jonesaroundtheworld)

Pantai Sipadan disebut menjadi yang paling rawan di Malaysia. Panorama serta pemandangan pantai ini memang indah, Polisi Malaysia sering melakukan patroli di sini.

Hal ini dikarenakan Pantai Sipadan sering menjadi lokasi penculikan. Terkait hal ini, banyak negara yang mengeluarkan travel warning terhadap Pantai Sidapan.

3. Pantai Andaman, Pulau Sentinel

Pantai AndamanPantai Andaman, Pulau Sentinel (Foto: stay-list)

Pantai berada di India ini belum terlalu populer bagi di kalangan traveler. Panorama yang disajikan memiliki keindahan yang khas, namun menjadi tidak terlihat karena beberapa kasus kehilangan yang melibatkan suku setempat.

Salah satu kejadian yang menggemparkan yaitu ketika seorang turis Amerika Serikat (AS) berusia 27 tahun kehilangan nyawanya, karena berusaha melakukan interaksi langsung dengan suku setempat. Diketahui, para penduduk di Kepulauan Andaliman masih sangat primitif dan tertutup dengan dunia luar.

4. Pantai Koh Rong, Kamboja

Pantai Koh RongPantai Koh Rong, Kamboja (Foto: visitkohrong)

Seperti diberitakan lama Khmer Times, Pantai Koh Rong yang berada di Kamboja dikenal luas akan sejarah kekerasan. Banyak turis asing yang diserang oleh penduduk setempat ketika berlibur.

Kasus di Pantai Koj Rong yaitu saat mayat backpaker asal Inggris yang hilang ditemukan. Penyelidikan penyebab kematiannya hingga kini masih terus bergulir.

5. Pantai Jomtien, Thailand

Pantai JomtienPantai Jomtien, Thailand (Foto: trover)

Seperti diberitakan laman TripAdvisor, Pantai Jomtien disebut sebagai pantai mati. Rumor yang berkembang, pantai ini dikutuk dan dipercaya akan memberikan nasib yang buruk.

Terbukti dengan penemuan mayat seorang wanita tunawisma di pantai itu. Selain itu, ada turis Inggris yang jatuh dari balkon kondominium ke pantai.

6. Pantai Muara, Brunei Darussalam

Pantai MuaraPantai Muara, Brunei Darussalam (Foto: ttnotes)

Pantai Muara yang berada di Brunei Darussalam disebut sebagai pantai mematikan. Di balik itu, panorama yang ditawarkan pantai ini dikenal karena keindahannya, namun beberapa kecelakaan kerap terjadi di kawasan pantai.

Sempat terjadi beberapa insiden, seperti tabrakan jet ski, kasus tenggelam, serta kecelakaan kapal. Namun, Pantai Muara tetap populer di kalangan wisatawan.

7. Pantai Tungku, Brunei Darussalam

Pantai TungkuPantai Tungku, Brunei Darussalam (Foto: brunei-beaches.blogspot)

Masih di negara yang sama yaitu Brunei Darussalam. Pantai Tungku memiliki kasus sama seperti di Pantai Kuta Bali, Indonesia. Bahkan, akibat mengalami isu sampah membuat pantai ini mendapat rating 3/5 di TripAdvisor.

8. Pantai Koh Tao, Thailand

Pantai Koh TaoPantai Koh Tao, Thailand (Foto: booking)

Seperti diberitakan laman The Travel, Pantai Koh Tao dijuluki sebagai Pulau Kematian karena terdapat suatu alasan. Tercatat ada 11 insiden mengerikan yang berujung dengan kematian.

Dikabarkan jika ada banyak penjahat yang mengincar pasangan wisatawan serta para backpacker yang berkunjung ke Pantai Koh Tao.

9. Koh Samui, Thailand

Koh SamuiKoh Samui, Thailand (Foto: kosamui)

Koh Samui di Thailand dinobatkan sebagai tempat berbahaya. Beberapa rapor kriminal tercatat yang mengakibatkan kematian para turis.

Demi keamanan, para turis dianjurkan berkelompok demi keamanan. Selain itu, cuaca di pantai ini yang tak ramah juga kerap menimbulkan masalah.

10. Pantai Ha Tinh, Vietnam

Pantai Ha TinhPantai Ha Tinh, Vietnam (Foto: vivutravel)

Pantai Ha Tinh di Vietnam pernah mengalami bencana alam pada tahun 2016. Peristiwa itu mengakibatkan penduduk setempat menganggur dan memengaruhi ekonomi masyarakat lokal.

Situasi ini bertambah buruk dengan ancaman polusi yang dialami Pantai Ha Tinh. Terbukti, sekitar dua ton ikan terdampar tak bernyawa di pantai pada tahun 2019. []

Berita terkait
Lima Pantai Eksotis Indonesia Liburan Tahun Baru
Menghabiskan malam tahun di pantai bis menjadi pilihan yang menarik, menghabiskan waktu dibirunya lautan dan deburan ombak.
Holtekamp dan Empat Pantai Populer di Papua
Menjelajah alam bebas atau sekedar menyusuri bibir pantai menjadi momen para petualang. Nah, Papua memiliki pantai populer yang asik disambangi.
Enam Wisata Bawah Laut Memukau Indonesia
Wisata bawah laut Indonesia tidak pernah bisa berhenti mendapat pujian. Keindahan dengan aneka terumbu karang dan ikan-kan menghipnotis wisatawan.
0
DPO Kasus Curanmor, Pelajar Deli Serdang Ditangkap
Seorang pelajar SMA di Kabupaten Deli Serdang ditangkap setelah 10 bulan menjadi buronan pencurian sepeda motor.