Enam Wisata Bawah Laut Memukau Indonesia

Wisata bawah laut Indonesia tidak pernah bisa berhenti mendapat pujian. Keindahan dengan aneka terumbu karang dan ikan-kan menghipnotis wisatawan.
Enam Wisata Bawah Air Memukau di Indonesia. (Foto: superadventure)

Jakarta - Wisata bawah laut Indonesia tidak pernah bisa berhenti mendapat pujian. Entah itu dari wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Wilayah kelautan Indonesia yang sangat luas membuatnya menjadi negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Indahnya terumbu karang, ikan-ikan dengan aneka warna, dan aneka biota laut menjadi sajian yang menyegarkan mata. 

Berikut Tagar rangkumkan lima wisata bawah laut yang akan memanjakan mata.

1. Taman Wisata Laut Karimunjawa

Taman Wisata Laut KarimunjawaEnam Wisata Bawah Air Memukau di Indonesia. (Foto: beborneotour)

Taman Wisata Laut Karimunjawa yang berada di Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah ini ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 2001. 

Di kawasan taman wisata terdapat lima pulau, yaitu Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting. Dengan penduduk sebagian besar adalah nelayan.

Taman Wisata Laut Karimunjawa memiliki 242 jenis ikan hias dan 133 genera fauna akuatik. Secara garis besar fauna yang ada di Kepulauan Karimunjawa terdiri atas 2 kelompok, yaitu kelompok daratan dan kelompok perairan. 

Kelompok perairan meliputi terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu, dan ikan hias. Sebagian besar pantai di Karimunjawa berpasir putih. 

Kegiatan menyelam cocok dilakukan di Tanjung Gelam yang terletak di Karimunjawa, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Cemara Kecil. Sementara itu, kegiatan berenang di pantai dan berjemur cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil.

2. Taman Wisata Laut Wakatobi

Taman Wisata Laut WakatobiEnam Wisata Bawah Air Memukau di Indonesia. (Foto: nativeindonesia)

Wakatobi merupakan Taman Nasional terkenal di dunia menurut Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995. Taman Nasional ini terletak di sebuah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Taman Nasional Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertebing  curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.

Di samping keindahan aneka ragam terumbu karang, tersaji indah 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias.

3. Taman Wisata Laut Taka Bonerate

Taman Wisata Laut Taka BonerateEnam Wisata Bawah Air Memukau di Indonesia. (Foto: journeyaroundsouthsulawesi)

Taman Nasional Takabonerate terletak di daerah Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Ditetapkannya Taman Nasional ini pada tahun 2001.

Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

Taman nasional ini memiliki atol, suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna sebagian atau seluruhnya, terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Marshal dan Suvadiva di Moldiva.

Luas atol mencapai 220.000 hektar dengan terumbu karang yang tersebar luas mencapai 500 km2. 

Terdapat sekitar 295 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan konsumsi. 244 jenis moluska, aneka jenis penyu, dan terumbu karang yang sudah teridentifikasi sebanyak 261 jenis dari 17 famili. 

Sebagian besar jenis-jenis karang tersebut telah membentuk terumbu karang atol (barrier reef) dan terumbu tepi (fringing reef). Semuanya merupakan terumbu karang yang indah dan relatif masih utuh.

4. Taman Wisata Laut Selat Pantar

Taman Wisata Laut Selat PantarEnam Wisata Bawah Air Memukau di Indonesia. (Foto: superadventure)

Keindahan pemandangan Selat Pantar tidak kalah menarik dibandingkan dengan taman laut seperti Bunaken, Raja Ampat, dan lainnya. 

Wisata bawah laut ini sering dikunjungin para diver profesional karena terdapat tanaman atau terumbu karang yang menurut mereka langka.

Selat Alor terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selat Alor memiliki kekayaan alam yang sangat mempesona dan indah, bahkan sampai dibandingkan dengan taman laut Karibia.

Para diver bisa berinteraksi dengan ikan hiu yang amat bersahabat. Salah satu spot terindah ada di Half Moonbay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, dan Shark Close yang menjadi favorit.

5. Taman Wisata Laut Pulau Menjangan

Taman Wisata Laut Pulau MenjanganEnam Wisata Bawah Air Memukau di Indonesia. (Foto: karimunjawakita)

Pulau Menjangan salah satu taman wisata yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Bali Barat menawarkan tempat snorkeling dan diving terbaik di Bali.

Terdapat banyak jenis terumbu karang yang mengelilingi Pulau Menjangan. Termasuk jenis-jenis spesies yang hidup berdampingan dengan terumbu karang yang sangat mempesona.

Menjangan memiliki wall diving terbaik dengan visibility yang baik dan penuh warna sekaligus kaya akan biota laut. Pulau Menjangan dikelilingi terumbu karang dan formasi batuan yang kompleks. 

Formasi batuan tersebut membentuk sejumlah gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, Kerapu, dan Belut Moray. 

Di gua-gua kecil juga terdapat Kakap dan Batfish yang terlihat hilir mudik. Dasar lautnya juga kaya akan Barrel Sponge dan Sea Fan yang berukuran sangat besar. 

Kedalaman laut dan aliran arus yang tenang menjadikan Menjangan tempat hidup ikan Tuna, gerombolan Jackfish, Angelfish, dan beragam jenis penyu, hingga hiu karang.

6. Taman Wisata Laut Banda

Taman Wisata Laut BandaEnam Wisata Bawah Air Memukau di Indonesia. (Foto: alidesta)

Taman Wisata Perairan (TWP) Laut Banda menjadi kawasan konservasi perairan nasional melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor Kep. 69/Men/2009 Tentang Penetapan Kawasan Konservasi Perairan Nasional Laut Banda di Provinsi Maluku

Secara resmi Cagar Alam/Taman Laut Banda yang sebelumnya telah ditunjuk sebagai kawasan konservasi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 221/Kpts/Um/1977 tanggal 25 April 1977 seluas 2.500 hektar sebagai Cagar Alam Laut.

Lebih dari 300 spesies karang keras telah tercatat. Terumbu karang yang terdapat di Pulau Banda adalah terumbu karang tepi yang sempit tanpa adanya sebuah terumbu karang intertidal yang rata. 

Telah teridentifikasi empat jenis komunitas karang, yaitu dua jenis berasal dari tempat landai yang dalam dan dua lainnya dari wilayah perairan yang agak dangkal. Selain itu, Kepulauan Banda mempunyai 397 jenis karang keras dan 683 jenis ikan karang.

Lokasi Obyek Wisata Bahari Laut Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Obyek Wisata Laut Banda terletak di antara Pulau Neira, Pulau Gunung Api, Pulau Ai, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta. []

Berita terkait
Lima Alasan Wisata Bali Selalu Bikin Rindu
Media wisata Amerika Serikat, Fodor’s Travel mencantumkan Bali sebgai destinasi yang lebih baik tidak dikunjungi. Namun, tetap Bali bikin rindu.
Wisata Menarik di Lereng Gunung Bawakaraeng Gowa
Gunung Bawakaraeng merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Sulawesi Selatan. Berikut enam tempat wisata favorit di lereng gunung tersebut.
Wisata Nganjuk Kampung Halaman Puput Nastiti Devi
Kampung halaman istri Ahok, Puput Nastiti Devi di Nganjuk, Jawa Timur memiliki banyak pesona wisata yang indah.
0
Vaksinasi Covid-19 Untuk Warga Dunia di Daerah Terpencil
Tim medis menempuh perjalanan panjang dan sulit untuk memvaksinasi orang-orang di daerah terpencil seluruh dunia