Pemerintah Kota Makassar

Depresi Bisa Dikurangi dengan Kunyit

Kunyit merupakan tanaman rempah-rempah yang mempunyai banyak khasiat, salah satunya mengatasi depresi.
Ilustrasi (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Depresi adalah gangguan kesehatan mental dimana penderita mengalami penurunan suasana hati yang ekstrem, terus-menerus berpikiran negatif dan merasa sedih sehingga menjadi tidak bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tentu, jika depresi ini terjadi berkepanjangan akan sangat tidak menyehatkan tubuh.

Di Indonesia sendiri kesadaran masyarakat atas depresi sangat minim sehingga diabaikan tanpa mengobati atau setidaknya berkonsultasi dengan dokter, padahal dengan tidak mengobati depresi dapat membahayakan nyawa. Ada salah satu cara alami dan tradisional yang dipercaya dapat mengatasi depresi, yaitu kunyit.

Tanaman kunyit adalah tanaman rempah-rempah yang berasal dari Benua Asia. Kunyit sudah terkenal di Indonesia sebagai salah satu bumbu masakan, dan juga sebagai obat tradisional jamu. Kunyit mempunyai cukup banyak manfaat kesehatan, tetapi apakah kalian tau kunyit juga dapat mengatasi depresi?

Kunyit Membantu Mengatasi Depresi. Bagaimana bisa kunyit mengatasi gangguan kesehatan seperti depresi? itu karena saat mengalami depresi terjadi peradangan dan stres sehingga memperburuk organ vital. Terdapat senyawa aktif kurkumin sebagai antidepresan dan antioksidan sehingga dapat meredakan peradangan dan mengatasi depresi.

ilustrasi kunyitKunyit Sebagai Obat Tradisional (Sumber: pixabay.com)

Sejumlah penelitian telah dilakukan terhadap 60 orang yang mengalami depresi yang disebar dalam tiga kelompok. Kelompok pertama menggunakan prozac, kelompok kedua menggunakan kurkumin, dan kelompok terakhir menggunakan prozac dan kurkumin. Setelah 6 minggu, kelompok yang menggunakan kurkumin memiliki hasil yang hampir mirip dengan kelompok yang menggunakan prozac, sedangkan kelompok terakhir memperlihatkan manfaat yang lebih terasa. Sehingga kurkumin dapat digunakan sebagai antidepresan yang efektif dan juga alami.

Walaupun penggunaan gabungan kurkumin dan antridepresan terbuktik efektif, sampai sekrang penelitian belum menemukan kombinasi apa yang cocok sehingga ada baiknya untuk bekonsultasi dan saran dari dokter untuk penggunaan gabungan kurkumin dan antidepresan. Berdasarkan penjesalan ini kunyit terbukti efektif dapat mengatasi dan mengurangi depresi.

Dengan mengonsumsi kunyit juga terdapat banyak manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak ada salah mengonsumsi kunyit sehari-hari untuk kesehatan (dari berbagai sumber). []

- Joevita Aurora

Kunyit dan Empat Rempah Redakan Flu Saat Musim Hujan

10 Manfaat Kunyit, Salah Satunya Meningkatkan Mood

Bahan Campuran Kunyit untuk Mengatasi Jerawat

Resep Sehat Jamu Kunyit Asam

Berita terkait
Khasiat Kunyit sebagai Pereda Dysmenorrhea
Beberapa wanita mengalami nyeri saat menstruasi yang dikenal sebagai “nyeri menstruasi” atau “dysmenorrhea”. Ini khasiat kunyit untuk mengobatinya.
0
Depresi Bisa Dikurangi dengan Kunyit
Kunyit merupakan tanaman rempah-rempah yang mempunyai banyak khasiat, salah satunya mengatasi depresi.