UNTUK INDONESIA
Bahan Campuran Kunyit untuk Mengatasi Jerawat
Kunyit yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya bisa digunakan untuk membantu mengatasi jerawat yang menganggu. Berikut penjelasannya.
Tujuh Bahan Alami Cocok Bersihkan Miss V. (Foto: theasianparent)

Jakarta - Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dikeluhkan setiap orang, khususnya kaum hawa. Kondisi ini tentu dapat mengganggu penampilan dan kecantikan wajah, sehingga tak sedikit wanita merasa kurang percaya diri akibat jerawat. Untuk mengatasinya, kunyit yang dikombinasikan dengan beberapa bahan alami lainnya bisa menjadi solusi masalah satu ini.

Kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, serta beragam kandungan yang bermanfaat untuk mengobati masalah kulit ini. Sehingga, tak ada salahnya Anda mencoba mengandalkan bumbu dapur tersebut dengan mengkombinasikan bahan alami lainnya agar masalah ini bisa teratasi secara maksimal.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut Tagar berikan cara mengatasi jerawat dengan kunyit yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya.

1. Kunyit dan Madu

MaduIlustrasi madu. (Foto: Pixabay/stevepb)

Campuran kunyit dengan madu bisa menjadi salah satu solusi mengatasi jerawat. Nantinya, kunyit berperan untuk mengusir jerawat dan madu akan menjaga kulit tetap lembap dan lembut. Selain itu, madu bersifat antibakteri yang mampu memperlambat pertumbuhan bakteri pemicu jerawat di kulit.

2. Kunyit dan Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah BuayaIlustrasi Lidah Buaya. (Foto: Pixabay/AtakOnArt)

Lidah buaya juga menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat saat dipadukan dengan kunyit. Sebab, tumbuhan dengan nama lain aloe vera ini bersifat antiseptik dan anti-infalamsi yang mampu menyembuhkan kulit berjerawat lebih cepat.

Cara menggunakannya, cukup dengan mencampurkan 1/2 sendok teh (sdt) bubuk kunyit dengan 2 sendok makan (sdm) gel lidah buaya di dalam wadah atau mangkuk. Selanjutnya, Anda bisa mengoleskan racikan tersebut ke area jerawat dan biarkan terlebih dahulu kurang lebih selama 10 menit, jika sudah bilas dengan air bersih.

3. Kunyit dan Susu

Ilustrasi Susu

Ilustrasi Susu. (Foto: Pixabay/cuidandotudiabetes)

Kombinasi kunyit dengan susu menjadi racikan yang ampuh untuk mencegah jerawat. Sebab, kandungan asam laktat pada susu sangat berkhasiat untuk membersihkan kulit dari bakteri berbahaya yang menempel di wajah. 

Cobalah campurkan 1/2 sdt kunyit dan 2 sdm susu untuk dioleskan ke area kulit yang jerawat memakai kapas. Kemudian, diamkan selama 10 menit sampai mengering dan bilas menggunakan air bersih.

4. Kunyit dan Yogurt

YogurtIlustrasi greek yogurt. (Foto: Pixabay.com/Profet77)

Serupa dengan susu, yogurt juga mengandung asam laktat yang berguna untuk membantu pengelupasan kulit dengan mudah. Sehingga, kulit akan terlihat lebih bersih dan terbebas dari jerawat dalam jangka waktu yang lama.

Caranya sangat mudah dan Anda bisa mencoba padukan 1/2 sdt bubuk kunyit dan 2 sdm yogurt untuk dioleskan ke area wajah berjerawat. Setelah itu, biarkan kurang lebih selama 15 menit dan bilas dengan air bersih jika sudah selesai.

5. Kunyit dan Lemon

LemonLemon. (Foto: Pixabay/Couleur)

Lemon yang dicampurkan dengan kunyit juga membantu mengatasi jerawat. Ini karena sifat antibakteri pada buah ini yang ternyata ampuh menjaga kebersihan kulit dan melindunginya dari bakteri berbahaya. Bahkan, sifat antiseptiknya juga dapat mengeringkan jerawat.

Caranya, cobalah kombinasikan 1/2 sdt kunyit dengan 1 sdm perasan lemon. Setelah itu, oleskan racikan pasta tersebut pada area wajah yang berjerawat, biarkan selama 10 menit dan jika sudah bilas menggunakan air.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan kunyit yang dicampur bahan alami lainnya. Sehingga, jerawat yang meradang bisa cepat teratasi dan kesehatan kulit tetap terjaga. []

Baca Juga:

Berita terkait
Kebiasaan Tak Disadari Bisa Bikin Badan Cepat Kurus
Mungkin banyak orang tidak tahu ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat badan cepat kurus dan ramping. Ini penjelasannya.
Efek Buruk Sering Ikat Rambut Bagi Kesehatan
Ternyata metode mengikat atau menguncir rambut bisa memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan.
Girls! 5 Bahan Kosmetik Ini Bahaya untuk Kesehatan
Kosmetik kini mudah didapatkan di mana pun. Bagi penggunanya harus jeli, karena bahan dasar kosmetik ada yang memiliki efek bahaya bagi tubuh.
0
Profil Bobby Nasution, Mantu Jokowi Nyalon Wali Kota Medan
Empat partai Golkar, PDIP, Gerindra dan terakhir NasDem siap mengusung manju Jokowi untuk maju di Pilkada Medan. Berikut sosoknya.