Demi Pelanggan, BPJamsostek Bukittinggi Terus Berbenah

Guna meningkatkan kepuasan pelanggan di masa pandemi Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Bukittinggi terus berbenah.
Kantor Cabang BPJamsostek Bukittinggi terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Bukittinggi — Guna meningkatkan kepuasan pelanggan di masa pandemi Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Bukittinggi terus berbenah. Bagi peserta yang berencana mengurus klaim Jaminan Hari Tua (JHT), sejak Maret 2020 telah dikenalkan Layanan Tanpa Kontak Fisik atau Lapak Asik.

Peserta tidak perlu lagi berhubungan secara fisik dengan petugas kantor BPJamsostek, melainkan berinteraksi secara online. Pendaftaran dapat dilakukan melalui kanal website resmi BPJamsostek atau melalui aplikasi.

“Layanan ini terbukti menjadi alternatif untuk memudahkan peserta BPJamsostek yang ingin mengurus klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di masa pandemi Covid-19,” kata Kepala Cabang BPJamsostek Bukittinggi, Ocky Olivia, Senin, 30 November 2020.

Tidak cukup sampai di situ, Lapak Asik pun terus dikembangkan. Jika pada tahap awal peluncurannya peserta masih bisa memilih sistem online dan offline, kini dikenalkan lagi sistem onsite.

Dikatakan Ocky, layanan ini sebagai peran serta BPJamsostek menekan angka pasien Covid-19 di Indonesia agar tidak terus bertambah. Katanya, pandemi belum terkendali. Karena itu, BPJamsostek berkomitmen agar inovasi pun terus ditabuh. Kini, BPJamsostek mengenalkan sistem pemberkasan secara digital, baik bagi peserta online maupun offline ke kantor cabang (onsite)

“Jika sebelumnya masih ada berkas fotokopi yang diserahkan kini tidak lagi begitu. Seluruh berkas tinggal difoto atau discan, lalu diupload,” jelasnya.

Dengan begitu, peserta tidak perlu lagi keluar biaya untuk fotokopi, atau untuk melakukan printing.

“Layanan ini lebih aman dan lebih hemat biaya. Lebih ramah lingkungan juga, karena arsip yang bersifat digital,” sebutnya.

Ocky didampingi Kepala Bidang Pelayanan Lisa Anamerta menjelaskan layanan paperless ini diluncurkan untuk mendukung meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Kami mengurangi kontak fisik terjadinya serah terima berkas ke petugas. Jika peserta mengajukan klaim ke kantor cabang, prosesnya pun juga di-online-kan. Upload berkas online, nanti tinggal dipanggil untuk wawancara klaim dengan menunjukkan berkas aslinya,” tutupnya.[]

Berita terkait
BPJamsostek Bukittinggi Berbagi Helm Gratis, Ini Penerimanya
BPJamsostek cabang Bukittinggi membagikan alat pelindung diri (APD) berupa helm sepeda motor kepada para pekerja dalam rangkaian kegiatan promotif.
Kualitas Layanan BPJamsostek Bukittinggi selama Pandemi
Meningkatnya klaim dibanding tahun lalu tidak akan mempengaruhi kualitas pelayanan BPJamsostek Bukittinggi selama pandemi Covid-19.
PHK Kian Marak, Klaim JHT di BPJamsostek Naik Dua kali Lipat
Pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJamsostek mengalami kenaikan dua kali lipat, triwulan kedua dibandingkan triwulan ketiga tahun 2020.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.