UNTUK INDONESIA
Delima dan Nama 5 Buah yang Disebut dalam Alquran
Alquran menyimpan banyak kisah menarik dan kaya hikmah. Bahkan ada kisah-kisah menceritakan buah-buahan. Ada delima dan nama lima buah disebut.
Delima. (Foto: Pixabay/Fruchthandel_Magazin)

Jakarta - Alquran diwahyukan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW untuk diajarkan kepada umatnya. Alquran merupakan mukjizat untuk membuktikan kerasulan Muhammad. Alquran menyimpan banyak sekali kisah menarik dan kaya akan hikmah.

Dalam Alquran banyak dikisahkan sejarah masa lampau yang pernah terjadi pada masa nabi-nabi sebelum Muhammad. Bahkan ada kisah-kisah yang menceritakan buah-buahan yang mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya.

Berikut sebagian nama buah yang disebut Allah dalam firman-Nya.

1. Anggur

AnggurIlustrasi - Anggur. (Foto: Pixabay/Couleur)

Anggur disebutkan dalam Alquran sebanyak 14 kali. Bahasa lain dari anggur adalah Vitis Vinifera L. Buah ini sudah dikenal sejak zaman Nabi Nuh hingga saat ini. Salah satunya dalam Surat Al-Muminun: 19.

“Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu memperoleh buah yang banyak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan.”

Anggur bermanfaat dapat menghilangkan rasa penat untuk mereka yang banyak menggunakan kegiatan fisik dan mental. Zat besi dan gula di dalam buah anggur juga dapat menguatkan produksi darah dan menjadi obat untuk untuk penderita liver, ginjal, dan sistem pencernaan. Selain itu, anggur juga berfungsi menguatkan organ jantung, menyembuhkan bronkitis dan batuk, serta meningkatkan kecantikan kulit.

2. Buah Tin

Buah TinBuah Tin. (Foto: Steemit)

Alquran menyebut buah tin atau ara hanya sekali, yaitu di Surah At-Tiin. Beberapa ahli tafsir berpendapat tin yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah buah tin, karena disebutkan dalam satu kalimat dengan zaitun. Namun ada juga yang meyakini yang dimaksud adalah Bukit Tin dan Bukit Zaitun di mana Nabi Ibrahim dan Nabi Isa menerima wahyu.

Tapi yang perlu diketahui, buah tin merupakan bahan makanan yang kaya gizi yang rendah kalori, tinggi serat, dan tidak mengandung lemak, sehingga baik untuk mereka yang sedang menjaga berat badan.

Buah SurgaBuah surga yang disebut dalam Alquran

3. Pisang

PisangPisang. (Foto: Pixabay/jgzelaya)

Pisang tercantum dalam firman Allah dalam Surah Al-Waqiah. Buah ini dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik. Meskipun kandungan gulanya tinggi, pisang juga mengandung serat larut pektin yang bertugas menyeimbangkan kadar gula di dalam darah dan memperlancar pencernaan. Kalium dan magnesiumnya baik untuk kesehatan jantung.

Pisang kaya akan antioksidan penting seperti dopamine dan catechin. Mineral dan karbohidrat baik di dalam pisang baik untuk para atlet. Magnesiumnya juga baik bagi kesehatan ginjal.

4. Kurma

KurmaKurma. (Foto: organicfoods.com.au)

Kurma merupakan makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Dalam surah Ar-Rad: 4

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir. ”

Buah kurma mengandung fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada jiwa. Selain itu, kurma juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu-ibu yang menyusui anak untuk meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu.

Kurma segar mampu memberikan manfaat kepada otak, dengan kandungan 2,2 % protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2. Kurma sangat bergizi serta memberi energi, tetap fit meskipun dalam jangka waktu lama tidak mengonsumsi makanan, dan juga sangat berguna untuk sahur ketika kita berpuasa.

5. Zaitun

Minyak ZaitunMinyak Zaitun. (Foto: Pixabay/stevepb)

Buah berwarna hijau gelap ini biasa diolah menjadi minyak nabati, termasuk salah satu buah yang disebutkan dalam Alquran. Alquran menyebutkan buah ini dalam Surat An-Nuur, Surah Al-An’am, Surah An-Nahl, Surah Al-Muminuun, dan Surah ‘Abasa.

Zaitun berwarna hitam saat sudah matang merupakan salah satu sumber vitamin E dan antioksidan terbaik. Menurut hasil penelitian, buah ini baik untuk jantung. Hydroxytyrosol berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung.

Oleonalic acid mencegah kerusakan hati, mengatur kadar lemak dalam darah, dan mengurangi inflamasi. Sementara quercetin menurunkan tekanan darah. Zat besi di dalam zaitun penting untuk kelancaran sirkulasi oksigen di dalam darah. Kandungan di dalam zaitun juga bisa melindungi tulang dari osteoporosis, dan memiliki efek antikanker pula.

6. Delima

DelimaDelima. (Foto: Pixabay/Fruchthandel_Magazin)

Dalam Alquran surat Al-An’aam: 141 disebutkan “Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma. Tanaman-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya yang bermacam-macam itu bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

”Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima,“ Surah al Rahman: 68.

Delima penting untuk memelihara keseimbangan kadar potassium-sodium, buah ini merupakan pendorong kepekaan saraf dan otot agar berfungsi secara teratur, mencegah edema, dan mengurangi kadar gula yang beredar di dalam darah. Selain itu, Delima juga dapat menghilangkan rasa lelah otot dan menguatkan jantung. []

Baca juga:

Berita terkait
Siapa Orang Pertama Menjalankan Zakat Fitrah
Zakat fitrah, satu di antara rukun Islam yang harus dikerjakan muslim pada bulan Ramadan. Siapa orang pertama menjalankan zakat fitrah.
Siapa Nabi Pertama Salat Subuh Zuhur Asar Magrib Isya
Tahukah Anda siapa Nabi pertama salat Subuh, Nabi pertama salat Zuhur, Nabi pertama salat Asar, Nabi pertama salat Magrib, Nabi pertama salat Isya?
Riwayat Salat Subuh dan Tata Cara Menjalaninya
Bagaimana awal mula terjadinya salat Subuh. Siapa orang pertama salat Subuh. Ini riwayat salat Subuh lengkap dengan tata cara gerakan dan bacaan.
0
Delima dan Nama 5 Buah yang Disebut dalam Alquran
Alquran menyimpan banyak kisah menarik dan kaya hikmah. Bahkan ada kisah-kisah menceritakan buah-buahan. Ada delima dan nama lima buah disebut.