UNTUK INDONESIA
Delapan Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Olahraga
Beragam penyakit bisa dicegah dengan berolahraga, tidak perlu lagi memakan obat-obatan, apa saja penyakitnya?
Olahraga. (Foto: pixabay.com)

Jakarta - Olahraga salah satu solusi ampuh untuk mencegah beragam penyakit. Meski sebagian orang lebih memilih mengonsumsi obat, karena lebih praktis dan tidak melelahkan.

Ada beberapa penyakit yang justru akan sembuh apabila rajin berolahraga. Bahkan, lebih efektif dari obat yang disebut berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Berikut Tagar rangkumkan dari laman drfarrafmd penyakit yang dapat diobati dengan olahraga.

1. Diabetes Tipe II

Diabetes Tipe II banyak menyerang masyarakat, akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara rutin berolahraga.

Latihan fisik teratur 20-30 menit dalam bentuk apa pun 5 hari seminggu, serta diet sehat, dapat membantu menghilangkan Diabetes Tipe II.

2. Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi makanan seperti daging-dagingan biasanya akan menyebabkan penyakit yang tak jauh dari tekanan darah tinggi. Penyakit ini dapat diobati dengan latihan kardiovaskular rutin. 

Selain itu, bisa juga dengan diet sehat yang dapat memberikan manfaat yang lebih banyak lagi.

3. Flu dan Kedinginan

Menaklukkan penyakit yang sering datang di saat musim hujan ini bisa dilakukan dengan rutin berolahraga lima kali dalam seminggu dengan durasi 20-30 menit.

4. Kolesterol

Kadar kolestrol dalam tubuh dapat dikurangi dengan latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan rutin untuk menurunkan kadar kolesterol.

Agar lebih manjur lagi, baiknya menyertakan biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Selain itu, buah dengan serat tinggi seperti alpukat dan ikan berlemak juga sangat baik untuk mengontrol kolestrol.

5. Mencegahan Penyakit Jantung

Jika ingin memiliki jantung yang sehat harus dibarengi dengan berolahraga. Latihan rutin kardiovaskular dan makanan sehat yang dikonsumsi secara teratur juga dipercaya dapat mencegah dari penyakit jantung.

Selain itu, memodifikasi diet dapat meningkatkan manfaatnya lebih banyak lagi. Jantung akan lebih sehat dan tubuh akan terasa lebih segar.

6. Kegelisahan

Perasaan cemas dan gelisah dapat menyerang kapan saja. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan rutin melakukan olahraga setidaknya 20-30 menit dengan rutin selama lima hari dalam satu minggu.

7. Depresi

Menurut penelitian, depresi dapat diobati lebih efektif melalui olahraga dibandingkan dengan konsumsi obat antidepresan.

Lakukan aktivitas fisik rutin 20-30 menit secara teratur 5 hari seminggu.

8. Osteoporosis

Osteoporosis salah satu penyakit yang menakutkan di hari tua. kepadatan tulang dapat menurun seiring bertambahnya usia. Untuk mencegahnya, bisa melakukan olahraga 2- hari dalam seminggu.[]

Berita terkait
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
Lima Manfaat Rambutan, Lihat Nomor 2
Rambutan memiliki manfaat yang tanpa disadari baik untuk kesehatan tubuh, berikut ulasannya.
Lima Khasiat Minum Air Hangat Setiap Pagi
Minum air hangat setiap pagi memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan. Mau tau apa saja?
0
Diganggu OPM, Ratusan Warga Tembagapura Mengungsi
Ratusan warga Kampung Kimbeli di Distrik Tembagapura, Timika Papua, kembali mengungsi, mereka mengungsi karena diteror KKB.