Datang ke 5 Objek Wisata Air di Sulawesi Selatan Ini Auto Takjub

Sulawesi Selatan memiliki pesona alam indah terutama objek wisata airnya. Datang ke sana auto takjub deh!
Pulau Kapoposang. (Foto: Instagram/kapoposang.id)

Jakarta - Sulawesi Selatan memiliki pesona alam indah terutama objek wisata airnya. Bila mampir ke sana, tak afdol jika tak berkunjung ke pantai, pulau, hingga pemandangan bawah lautnya yang memesona.

Memasukan nama Sulawesi Selatan dalam daftar lokasi wisata bakal dikunjungi adalah pilihan yang tak salah. Penasaran di mana saja tempat wisata air di wilayah beribu kota Makassar itu, yuk simak berikut ini:

1. Pulau Kapoposang

Surganya para diver, katanya. Itu karena keindahan pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan. Para diver pun terpesona oleh keindahan alamnya.

Pantainya juga tak kalah indah. Pasirnya berwarna putih bersih, dilengkapi banyaknya pohon kelapa dan cemara membuat Pulau Kapoposang sejuk dan nyaman.

Pulau ini terletak di Desa Mattitoujung, Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep. Luasnya sekitar 50.000 hektere dan memiliki ukuran panjang sekitar 103 km.

Pulau KapoposangPulau Kapoposang. (Foto: Instagram/kapoposang.id)

2. Pulau Samalona

Luasnya hanya 2,34 hekter. Walaupun Pulau Samalona terbilang kecil, tetapi menyimpan banyak keindahan.

Kecil-kecil begini, Pulau Samalona memiliki keindahan bawah laut yang memesona. Anda bisa berenang atau diving untuk melihat terumbu karang nan indah dengan ikan laut yang beragam. Lokasi pulau ini di Kota Makkasar.

Pulau SamalonaPulau Samalona di Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram/muh_wildhan23)

3. Pantai Appalarang

Pantai Appalarang terletak di Desa Ara, Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Acap kali disamakan dengan Raja Ampat oleh warga sekitar karena pantainya memiliki tebing karang yang unik.

Pantai ini tidak memiliki pesisir seperti kebanyakan pantai. Hanya terlihat tebing-tebing yang kokoh mengelilingi perairan pantai. Disejukan dengan air biru yang jernih dengan gradasi kehijauan sehingga biota yang ada di dasar laut terlihat sangat jelas.

Karena lokasinya terpencil, pantai ini masih jarang diketahui oleh traveler. Di sini, Anda bisa berenang, memancing, dan berfoto.

Pantai AppalarangPantai Appalarang di Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram/dianprilies)

Baca juga:

4. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira terletak di Jalan Tanjung Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Pantai ini terkenal dengan panorama alam yang indah dengan laut berwarna biru kehijauan bak kristal.

Untuk pecinta snorkeling dan diving, tempat ini cocok buat Anda. Pantai di kawasan ini memiliki air laut jernih sehingga biota laut dapat terlihat. Lautan biru dan gelombang ombak sangat eksotis.

Harga tiket masuknya pun murah, hanya Rp 10.000 per orang. Namun, untuk hari libur dikenakan biaya Rp 15.000.

Pantai Tanjung BiraPantai Tanjung Bira di Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram/afrialsyarli)

5. Taman Laut Taka Bonerate

Tidak hanya dimanjakan oleh laut yang luas, Taman Laut Taka Bonerate juga menghadirkan habitat seperti spesies burung pantai yang bermain-main di bukit pasir.

Taka Bonerate merupakan wilayah atol terbesar ketiga setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives. Menawarkan kejernihan air dengan berbagai terumbu dan atol curam, juga lereng dan dasar laut yang datar dapat menemani Anda para diver untuk mengagumi panorama indahnya laut.

Selain itu, Anda bisa menyelam dan berenang dengan lumba-lumba, kura-kura, ikan pari, hiu, atau paus sperma. Di samping itu, Anda akan terpesona oleh gorgonian raksasa, karang hitam, ikan kalajengking dan masih banyak lagi.

Taman Laut Taka Bonerate berada d Pulau Tinabo Besar, Takabonerate, Kepulauan Selayar. (Niswatul Mahmudah)

Taman Laut Taka BonerateTaman Laut Taka Bonerate di Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram/tourmakassartoraja)

Berita terkait
One Day Trip ke Bekasi, Bisa Wisata ke Mana Saja?
Berada di luar tata surya, begitu netizen bergurau tentang Bekasi. Namun ternyata, daerah ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik.
Yuk, Simak 3 Ide Berkelanjutan Traveling ke Ciwidey Bandung
Saat berwisata ke Ciwidey di Kabupaten Bandung, tak elok rasanya bila tak ekplorasi berbagai tempat. Berikut 3 ide berkelanjutan saat ke sana.
Jangan Nyasar, Ini Panduan ke Desa Nglanggeran Yogyakarta
Desa Nglanggeran masih menjadi destinasi yang tergolong hits di Daerah Istimewa Yogyakarta.
0
Dewas KPK Pecat Penyidik Robin Terkait Suap Tanjung Balai
Dewan Pengawas KPK memecat penyidik Stepanus Robin Pattuju karena terbukti berhubungan dengan perkara Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial.