UNTUK INDONESIA

Yuk, Simak 3 Ide Berkelanjutan Traveling ke Ciwidey Bandung

Saat berwisata ke Ciwidey di Kabupaten Bandung, tak elok rasanya bila tak ekplorasi berbagai tempat. Berikut 3 ide berkelanjutan saat ke sana.
Kawasan Ranca Upas (Foto: Instagram/mulkisalman)

Jakarta - Wilayah Bandung selatan dikaruniai ragam wisata alam menarik. Di Kecamatan Ciwidey misalnya, traveler bakal dimanjakan panorama kontur dataran tinggi cantik lengkap dengan suhu dinginnya.

Bila Anda ke Ciwidey, itu berarti waktu yang tepat ekplorasi ke beragam destinasi dengan suguhan cantiknya pesona alam. Sejumlah tempat wisata yang bertetangga dengan Ciwidey patut dikunjungi.

Di mana saja sih tempat-tempat hits yang bisa jadi ide berkelanjutan ketika wisata di Ciwidey? Yuk simak berikut ini!

1. Kawah Putih

Siapa yang belum pernah ke objek wisata alam yang terkenal di Jawa Barat ini? Bagi yang belum pernah menikmati indahnya Kawah Putih, sebaiknya mampir bila sedang berada di Ciwidey. 

Destinasi wisata ini merupakan  hasil dari letusan Gunung Patuha, Ciwidey. Kawahnya berwarna putih karena dihasilkan dari kandungan beberapa unsur bercampur belerang. 

Karena keindahannya, Kawah Putih menjadi tempat favorit traveler ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung. Dengan suhu rata-rata mencapai 15-22 derajat celcius, Anda juga dapat berswafoto dengan latar belakang kawah eksotis tersebut.

Tarif masuk ke Kawah Putih sebesar Rp 25.000-75.000 per orang. Jam operasionalnya dari pukul 07.00-17.00 WIB.  Minat ke sini? Lokasi Kawah Putih berada di Jl Raya Ciwidey Patengan KM 11, Lebakmuncang. 

Kawasan Kawah PutihKawasan Kawah Putih. (Foto: Instagram/kawahputih_official)

2. Ranca Upas

Ranca Upas terletak di Kecamatan Ciwidey. Tempat wisata ini berupa bumi perkemahan di bawah pengelolaan Perhutani. 

Bila berkunjung ke sini, wisatawan disuguhkan rekreasi mandi air panas dengan panorama alam terbuka. Di samping itu, traveler juga dapat menikmati outbond, waterboom, dan ruang interaksi dengan rusa.

Beragam penginapan dengan tema kemah, hingga motel dan hotel juga tersedia di Ranca Upas. Namun, untuk menghemat biaya, Anda bisa membawa tenda dan peralatan sendiri. 

Tak perlu khawatir jika datang pada malam hari, karena Ranca Upas dapat diakses masuk non-stop 24 jam.

Ranca UpasKawasan Ranca Upas (Foto: Instagram/mulkisalman)

Baca juga:

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang atau bisa juga disebut Situ Patengan merupakan taman wisata alam. Di dalamnya, terdapat  danau di kelilingi kebun teh. Danaunya seluas 45.000 hektar, sedangkan cagar alamnya sekitar 123.007 hektar. 

Letaknya berada di bawah kaki Gunung Patuha atau berada di ketinggian 1600 meter di bawah permukaan laut (mdpl), membuat traveler yang datang ke Situ Patenggang merasakan sejuknya udara dataran tinggi.

Selain panorama alamnya, Situ Patenggang menawarkan pengalaman rekreasi seperti naik perahu, sepeda air, piknik, menapaki kebun teh, dan memancing. Sementara fasilitas penginapan, sarana ibadah, rumah makan dan cendramata, juga tersedia di sini.

Lokasi wisata di Kecamatan Rancabali, Bandung Selatan ini mematok harga masuk Rp 25.000 per orang, dengan jam operasional dari pukul 09.00-17.00 WIB. Situ Patenggang sangat dekat dengan Kawah Putih dan Ranca Upas. (Niswatul Mahmudah)

Situ PatenggangKawasan Situ Patenggang. (Foto: Instagram/pakardigital)


Berita terkait
Syarat Masuk Ancol dan Dufan saat Libur Panjang, Ada Diskonnya
Libur panjang sudah di depan mata. Ancol dan destinasi rekreasinya, Dufan, bisa menjadi alternatif berwisata saat libur panjang.
Perhatian! Puncak Bogor Berlakukan Contraflow saat Libur Panjang
Mengantisipasi membludaknya jalur menuju Puncak Bogor, polisi akan menerapkan contraflow saat libur panjang.
Libur Panjang, Mahfud MD Minta Antisipasi Reuni Sekolah
Menko Polhukam Mahfud MD minta antisipasi keramaian dan reuni sekolah ketika libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW akhir Oktober 2020.
0
Sepekan, Dua Guru SMP di Kudus Meninggal Positif Covid-19
Dua guru di Kudus meninggal dunia dengan status positif Covid-19. Mereka diketahui lanjut usia dan punya penyakit penyerta.