UNTUK INDONESIA
Dapur Umum untuk Pengungsi Banjir di Lombok Timur
Ratusan warga Malempo di Lombok Timur masih mengungsi pascabanjir bandang melanda. Mereka membutuhkan bantuan.
Sejumlah warga bertahan di pengungsian seperti di musala pascabanjir bandang melanda Dusun Malempo, Desa Obel-obel, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Minggu sore, 23 Februari 2020. (Foto: BPBD NTB)

Lombok Timur - Banjir bandang yang menerjang Dusun Malempo, Desa Obel-obel, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mulai surut. Tapi puluhan keluarga yang terdampak banjir masih bertahan di tempat aman seperti musala.

"Alhamdulillah kami sudah dirikan dapur umum untuk 81 kepala keluarga, 257 jiwa pengungsi di Musala Darul Quran, Malempo," tutur Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Ahsanul Khalik, Minggu malam, 23 Februari 2020.

Jaringan di sana lagi error.

Khalik mengatakan selain pendirin dapur umum yang sudah dilakukan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur mulai Senin ini, 24 Februari 2020 juga akan berupaya melakukan pembersihan rumah ibadah, rumah warga dan sarana umum lain yang terdampak banjir.

Pemkab Lombok Timur juga akan melakukan renovasi terhadap satu unit rumah rusak berat dan tiga unit rumah lain yang rusak ringan. Upaya pengerukan alur sungai Malempo dan perbaikan pipa air minum yang hanyut untuk tiga dusun juga segera dilakukan.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi BPBD NTB, Ibrahim Kurniawan menyatakan hingga pukul 23.40 Wita, belum ada laporan terkini terkait kondisi warga yang mengungsi. Pasalnya, sinyal jaringan komunikasi di posko pengungsian masih mengalami gangguan.

"Ini saya konfirmasi di lapangan, belum terjawab. Saya kontak posko BPBD sama. Jaringan di sana lagi error," ujar dia. []

Baca juga: 

Berita terkait
Banjir Bandang di Lombok Timur, 250 Warga Mengungsi
Banjir bandang melanda Dusun Melempo, Desa Obel-obel, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, mengakibatkan 250 jiwa mengungsi.
Banjir Pekalongan, 1028 Orang Mengungsi dan 1 Tewas
BPBD Kota Pekalongan membangun sejumlah posko pengungsian di enam titik untuk menampung korban banjir.
Bendungan Keureuto Kurangi Risiko Banjir Aceh Utara
Kementerian PUPR sedang menyelesaikan pembangunan Bendungan Keureuto untuk mengurangi risiko bencana banjir di Aceh Utara.
0
Foto Anak Syahnaz Sadiqah ada di Akun Jual Beli Bayi
Selebriti adik Raffi Ahmad, Syahnaz Sadiqah, meluapkan amarahnya di media sosial lantaran foto anak kembarnya diunggah di akun jual beli bayi.