UNTUK INDONESIA
Dampak Perubahan Iklim Memicu Wabah Virus Berbahaya
Faktor perubahan iklim bisa berperan dalam mewabahnya virus berbahaya, termasuk virus corona.
Ilustrasi virus. (Sumber: biotecnica.org)

Jakarta - Pakar virologi dr Fera Ibrahim mengemukakan faktor perubahan iklim bisa berperan dalam wabah virus yang terjadi beberapa tahun terakhir ini. Itu akibat dari terpaparnya manusia dengan hewan-hewan yang memiliki virus berbahaya.

"Kalau kaitan dengan climate change mungkin-mungkin saja karena terjadi perubahan di ekosistem mereka sendiri. Bahwa pekerjaan manusia juga yang tadinya tidak merambah daerah-daerah hutan, kita tidak terpapar hewan yang punya virus," kata spesialis mikrobiologi di RS Universitas Indonesia itu di Depok, Jawa Barat, Selasa, 4 Februari 2020, seperti diberitakan Antara

Memang faktor lingkungan seperti sinar UV dan sebagainya bisa juga mempengaruhi materi genetiknya.

Kemungkinan zoonosis atau penyakit yang menular dari hewan ke manusia meningkat karena semakin tingginya kontak manusia dengan hewan liar, seperti virus corona yang ada di kelelawar.

Beberapa outbreak terjadi dalam beberapa tahun terakhir, seperti SARS, MERS dan yang baru-baru ini muncul adalah 2019-nCov dengan episenter wabah di Wuhan, China.

Kata dr. Fera, faktor lingkungan juga bisa berpengaruh dengan bermutasinya virus corona baru yang biasa ditemukan di kelelawar hingga menginfeksi manusia.

"Memang faktor lingkungan seperti sinar UV dan sebagainya bisa juga mempengaruhi materi genetiknya dan secara spontan bermutasi itu ada," ucap dia.

Potensi muncul virus dan outbreak di Indonesia tetap ada, tetapi tergantung pada stabilitas virus yang berbeda satu dengan lainnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Baru dari Thailand, Wanita Korsel Kena Virus Corona
Seorang warga Korsel berdasarkan hasil tes dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru setelah melancong dari Thailand.
Jokowi Antisipasi Efek Corona ke Ekonomi Indonesia
Presiden Jokowi melakukan antisipasi dampak virus corona terhadap perlambatan ekonomi Indonesia.
Virus Corona, Anak Ini Tewas Saat Ayahnya Dievakuasi
Dua pejabat China kehilangan pekerjaan karena membiarkan seorang anak tewas saat ayah dan kakaknya dikarantina diduga terinfeksi virus corona.
0
Verifikasi MBR, Alasan Risma Belum Salurkan Bansos
Saat ini sudah 65.925 KK yang sudah diverifikasi oleh Pemkot Surabaya untuk nantinya mendapatkan Bansos dari Kemensos.