UNTUK INDONESIA

Dampak Buruk Tidur dengan Sisa Makeup di Wajah

Seorang dokter kulit menjelaskan bahwa memakai riasan saat tidur tidak berbahaya, tetapi dapat merusak kulit dan kesehatan mata Anda.
Ilustrasi tidur dengan riasan wajah yang masib menempel. (Foto: Freepik)

Jakarta - Sebagian wanita pasti pernah mengalami situasi bekerja sampai lembur, keluar rumah larut malam, mengambil penerbangan malam, atau menonton film atau serial favorit. Setelahnya, Anda pun tertidur dengan kondisi riasan masih menempel di wajah.

Laman The Healthy melaporkan, seorang dokter kulit menjelaskan bahwa memakai riasan saat tidur tidak berbahaya, tetapi dapat merusak kulit dan kesehatan mata Anda.

Hal pertama dan sering terlihat setelah tertidur dengan memakai riasan adalah timbulnya jerawat, iritasi kulit, dan penuaan dini.

Samer Jaber, MD, seorang asisten profesor klinis di Rumah Sakit Mt. Sinai dan dokter kulit bersertifikat dengan Washington Square Dermatology di New York City, mengatakan bahwa tidur dengan sisa riasan yang belum dibersihkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah.

"Tidur dengan riasan sangat buruk karena pori-pori Anda akan tersumbat. Secara signifikan dapat meningkatkan jerawat, kulit kering, dan iritasi," kata dia, dikutip Tagar pada Jumat, 29 Januari 2021.

Tidur merupakan waktu bagi kulit untuk pulih dari berbagai stres di siang hari. Kulit juga menggunakan waktu tidur untuk melepaskan dan meregenerasi selnya.

Dengan tidur menggunakan riasan, Anda menghalangi proses pengelupasan dan peregenerasian alami kulit.

Terlebih lagi, riasan sebenarnya melekat pada radikal bebas di lingkungan (seringkali dari polusi). Radikal bebas diketahui memecah kolagen, yang seiring waktu menghasilkan garis-garis halus dan penuaan dini.

Maka, dengan tidak membersihkan riasan dapat memberi peluang yang lebih besar untuk merusak kulit Anda.

Selain merusak kulit, tidur dengan riasan juga dapat merusak area paling sensitif di wajah yaitu mata.

Tertidur dengan masih menggunakan riasan mata membuat Anda berisiko mengalami radang mata, infeksi, kelopak mata kemerahan, dan lecet kornea.

Kondisi tersebut bisa juga berasal dari partikel riasan yang bergesekan dengan permukaan mata Anda.

Riasan mata seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow perlu dibersihkan sebelum tidur karena area mata sangat halus, sehingga bisa saja Anda akan bangun dengan bintitan yang tidak enak atau lebih buruk.

Dr. Jaber dengan tegas menganjurkan agar para wanita membersihkan wajahnya di malam hari sebelum tidur. Ini akan membantu memastikan semua riasan telah terhapus dari kulit.

"Cara mencuci dan membersihkan wajah tergantung pada masing-masing jenis kulit. Untuk mereka yang memiliki kulit lebih berminyak, sabun dan tisu berbusa mungkin lebih efektif," kata dia.

"Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, pembersih lembut yang tidak berbusa mungkin lebih baik," tutur dr. Jaber. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
5 Tips Menghilangkan Noda Gelap Bekas Jerawat di Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara memudarkan bintik hitam akibat jerawat dengan pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas:
Satu Sisi Wajah Terlihat Bagus Saat Berfoto? Ini Alasannya
Studi peneliti di Wake Forest University menemukan bahwa sisi kiri pada wajah dinilai dan dianggap lebih memiliki estetika daripada yang kanan.
Prediksi Lima Tren Makeup di Tahun 2021
Berikut Tagar rangkumkan lima gaya tata rias atau makeup yang diprediksi bakal menjadi tren di tahun 2021 mendatang.
0
Cuaca Ekstrem di Jakarta Hari Ini, Ada Potensi Hujan Petir
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di Jakarta berpotensi terjadi hujan disertai petir dan angin kencang.