UNTUK INDONESIA
Daihatsu Bukukan Penjualan 177.558 Unit di 2019
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil menutup tahun 2019 dengan membukukan penjualan ritel sebanyak 177.558 unit.
Daihatsu Sigra. (Foto: Antara/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil menutup tahun 2019 dengan membukukan penjualan ritel sebanyak 177.558 unit. Angka tersebut membuat Daihatsu mempertahankan peringkat kedua penjualan ritel di Indonesia yang sudah disandangnya selama 11 tahun berturut-turut.

Penjualan tersebut di dominasi oleh tiga model yakni, Sigra sebesar 29 persen, Granmax 21 persen dan Xenia 16 persen. Tidak hanya ketiga model itu, Terios pun pernah membantu angka penjualan Daihatsu dari tahun 2007 sampai 2013 sebelum akhirnya digantikan Ayla pada 2014 hingga 2016 dan kemudian sang pendatang baru, Sigra langsung menjadi jawara penjualan Daihatsu pada 2017 sampai 2019 akhir.

"Sigra yang launching 2017 langsung menduduki peringkat pertama penjualan terbanyak Daihatsu sampai dengan 2019 akhir. Hal tersebut dikarenakan harga Sigra yang sangat terjangkau di segmennya," kata Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, di Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Selain karena harga yang terjangkau dan hemat energi, Hendrayadi juga mengatakan bahwa Sigra merupakan model mobil yang bisa di produksi lokal, yakni di pabrik Daihatsu, Karawang, Jawa Barat.

"Sigra merupakan model yang pembuatan dan perakitannya bisa dilakukan di Indonesia, di pabrik Karawang. Oleh sebab itu kita akan memaksimalkan penjualan Sigra ini," ucapnya.

Hendrayadi juga mengatakan penjualan mobil secara keseluruhan di 2019 mencapai satu juta unit. namun angka tersebut masih hasil perkiraan dari pihak Daihatsu.

"Kita tunggu data resminya dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Kami sudah mencapai target di tahun 2019, yaitu sebesar 17 persen penjualan di pasar nasional," jelas Hendra.

Pada 2020, Daihatsu menargetkan untuk tetap mempertahankan peringkat kedua penjualan ritel otomotif nasional. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Marketing Director PT Daihatsu Astra Motor (DAM), Amelia Tjandra.

"Target tahun ini kami tidak muluk-muluk, tidak sesumbar, cukup mempertahankan peringkat nomor dua dengan market sebesar 17 persen," kata Amelia kepada awak media di Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020. []

Berita terkait
Daihatsu Pertahankan Peringkat Dua Market Share
PT Daihatsu Astra Motor (ADM) berhasil mempertahankan peringkat dua untuk penjualan ritel otomotif Indonesia.
Target Daihatsu 2020 Pertahankan Peringkat Penjualan
Pada tahun 2020, Daihatsu menargetkan untuk tetap mempertahankan peringkat kedua dalam penjualan ritel otomotif nasional.
Daihatsu Sirion Facelift Akan Hadir Maret 2020
PT Daihatsu Astra Motor (DAM) akan memberikan penyegaran pada city car ini dengan menghadirkan versi facelift.
0
Dari Ijtima Gowa, Satu RT di Kulon Progo Isolasi
Satu peserta Ijtima Gowa dari Kulon Progo reaktif Covid-19 membuat warga satu RT menjalani isolasi mandiri.