Tips Menghindari Montir Nakal dari Daihatsu

Berikut Tips dari Daihatsu untuk menghindari montir nakal yang sering melebih-lebihkan kondisi demi menarik keuntungan.
ilustrasi montir.(Foto:Tagar/Daihatsu)

Jakarta - Memiliki mobil, tidak hanya berhenti pada pembiayaan saat membelinya, tetapi juga biaya perawatannya. Terkait perawatan ini, tentunya kita harus sering bertemu dengan montir.

Selain memahami biaya yang harus disediakan untuk perawatan, hal lain yang harus diperhatikan adalah pengetahuan akan kondisi kendaraan. Ini, untuk menghindari montir nakal yang sering melebih-lebihkan kondisi demi menarik keuntungan lebih.

Berikut tips menghindari montir nakal yang Tagar kutip dari Daihatsu:

Datang ke Bengkel Resmi

Dengan datang ke bengkel resmi, paling tidak ada dua hal yang pasti, yakni suku cadang yang terjamin keasliannya dan montir yang andal. Dua hal ini, sudah pasti mengurangi rasa was-was dan membuat kita yakin bahwa kendaraan diservis dengan baik.

Mengenali Suku Cadang dan Fungsinya

Meski mendatangi bengkel resmi, kita juga tak boleh lengah lantaran bisa-bisa montir di bengkel tersebut akan mengganti suku cadang yang sebenarnya belum waktunya diganti sehingga tagihan bisa membengkak. 

Oleh sebab itu, kita harus paham suku cadang dan fungsinya agar setidaknya kita tahu suku cadang apa yang harus diganti ketika mobil kita memiliki gejala seperti susah dinyalakan. Selain itu, kita juga harus paham berapa pasaran harga suku cadang tersebut. Untuk yang satu ini, anda bisa mencari informasi melalui smartphone anda.

Tahu Penyakit Kendaraan dengan Pasti

Agar tidak diakali oleh montir, kita harus tahu penyakit yang diderita kendaraan saat itu. Seperti kerap kali terasa oleng hingga bergetar tidak nyaman bahkan di jalanan yang lurus dan mulus, berarti bisa saja tie rod-nya terganggu.

Tahu Suku Cadang yang Diganti

Ketika sudah mengetahui masalah yang diderita kendaraan dan memberitahukan kepada montir, biasanya montir akan mengecek ulang kondisi kendaraan. Jika memang terdapat masalah lain yang lebih serius dan harus mengganti beberapa suku cadang. Tetapi, harus kita pastikan suku cadang mana yang harus diganti dan alasannya.

Dalam hal ini, memang Montir paham bagaimana memperlakukan kendaraan yang sedang bermasalah lantaran itu adalah bidang mereka. Namun, minimal kita tahu kenapa suku cadang tersebut harus diganti atau diperbaiki.

Referensi Montir Lain

Bergabung ke dalam komunitas otomotif atau pecinta mobil akan membantu kita memiliki pengetahuan luas mengenai referensi montir yang andal. Biasanya, beberapa orang memiliki montir langganan yang mereka percaya sehingga bisa kita coba. Pelanggan montir yang handal pasti akan selalu melakukan servis ulang di tempat yang bisa dipercaya. Tempat tersebut, bisa kita gunakan sebagai referensi montir untuk melakukan servis bulanan.[]

Berita terkait
Daihatsu Sharing Tips Aman Berkendara di Musim Hujan
Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi berbagi tips agar pengendara aman saat hujan.
Tips Mengecek Fluida Kendaraan Pribadi dari Astra Daihatsu Motor
Tips mengecek fluida, cairan kendaraan pribadi: oli mesin, oli rem, air radiator, air wiper, air aki, power steering. Tips Astra Daihatsu Motor.
Astra Daihatsu Motor Luncurkan Rocky & Xenia Baru Tahun Ini
Astra Daihatsu Motor dikabarkan akan meluncurkan dua jagoan terbaru, yakni Rocky dan Xenia baru.
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Selasa 1 Juni 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan, kilat, petir, dan angin kencang, di wilayah Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan jaktim.