UNTUK INDONESIA
Daftar Objek Wisata di Yogyakarta Siap New Normal
Sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta siap menghadapi new normal. Berikut daftarnya.
Goa Kalisuci Gunungkidul. (Foto: outingjogja.com)

Yogyakarta – Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut ada beberapa destinasi wisata yang paling siap menghadapi kondisi new normal. Sebelum diperbolehkan menerima pengunjung, akan dilakukan simulasi terlebih dahulu pekan depan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan destinasi wisata yang paling siap itu di antaranya Gunung Api Purba Nglanggeran, Goa Kalisuci, dan Pantai Baron di Gunungkidul. Kemudian Kaliurang di Sleman. “Untuk di Kota Yogyakarta ada Taman Pintar dan Kebun Binatang Gembira Loka,” katanya saat dihubungi melalui telepon pada Kamis, 4 Juni 2020.

Singgih mengatakan dalam satu atau dua hari ke depan pihaknya meminta agar seluruh sarana prasarana kesehatan harus siap. Supaya simulasi yang rencananya digelar pada pekan depan bisa efektif. “Pra simulasi itu harus siap semuanya agar saat simulasi yang kemungkinan pekan depan bisa benar-benar efektif,” katanya.

Menurut Singgih, fasilitas kesehatan itu di antaranya seperti tempat cuci tangan, toilet yang bersih, hingga tempat sampah tertutup. “Tempat cuci tangan harus ada, sanitasi toilet jorok sekarang harus bersih. Dulu tidak ada tempat sampah yang tertutup, sekarang harus ada,” kata dia.

Singgih menyebut untuk protokol kesehatan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dipastikan akan siap sebelum simulasi itu digelar. “Protokol dan SOP itu saat ini sudah dalam tahap finalisasi,” ucapnya.

Singgih mengungkapkan di dalam SOP dan protokol itu di antaranya mengatur tentang kewajiban penggunaan masker baik kepada pengelola wisata maupun pengunjung. “Aktivitas cuci tangan maupun phisycal distancing. Untuk pembatasan jam operasional dan jumlah pengujung juga kami diskusikan,” ujarnya.

Protokol dan SOP itu saat ini sudah dalam tahap finalisasi.

Singgih menambahkan saat digelar simulasi itu sekaligus nantinya dilakukan evaluasi. Selanjutnya baru diujicoba menerima wisatawan. “Uji coba kemungkinan pada pekan ketiga atau keempat Juni ini,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana mengatakan Taman Pintar menjadi salah satu destinasi wisata yang akan disimulasikan untuk penerapan protokol Cleanliness, Health, Safety (CHS) kondisi new normal. “Insyaallah kami siap,” katanya.

Gong perdamaian Taman Pintar JogjaGong perdamaian Taman Pintar Jogja. (Foto: Taman Pintar)

Afia mengatakan dari segi SOP dan protokol serta mekanisme kunjungan sudah disusun dan nantinya akan disimulasikan. “Kemudian dievaluasi apakah sudah sesuai dengan standar kebersihan dan kesehatan serta keamanan dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Afia menyebut untuk sarana prasarana sendiri sedang disiapkan, baik berupa penyediaan sarana cuci tangan di area playground, hand sanitizer untuk di dalam gedung atau zona, sampai pada sarana pos kesehatan. “Adapun untuk penyiapan SDM, akan kami lakukan briefing dan pelatihan serta simulasi secara internal terlebih dahulu,” paparnya.

Sedangkan untuk pembatasan jumlah kunjungan, pastinya akan berpengaruh sebagai konsekuensi dari penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Berikut daftar objek wisata di DIY yang segera siap dikunjungi wisatawan berdasarkan data dari Dinas Pariwisata DIY:

1. Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunungkidul

2. Goa Kalisuci di Gunungkidul

3 Pantai Baron di Gunungkidul

4. Kaliurang di Sleman

5. Taman Pintar di Kota Yogyakarta

6. Gembira Loka Zoo di Kota Yogyakarta []

Baca Juga:


Berita terkait
Tiga Hari Tak Ada Kasus Baru Covid-19 di Yogyakarta
Tiga hari tidak ada penambahan kasus Corona baru di DIY. Di sisi lain, tenaga medis perlu mendapat perhatian.
Salat Jumat di Masjid Sudah Diizinkan di Yogyakarta
Tempat ibadah di DIY sudah bisa digunakan lagi untuk kegiatan peribadatan, termasuk salat Jumat berjamaah mulai Jumat, 5 Juni 2020.
Tantangan Yogyakarta Menyambut New Normal
Sejumlah tantangan dihadapi Yogyakarta menyambut new normal. Salah satunya ketersediaan air.
0
Jerman Larang Kedatangan Au Pair di Masa Pandemi
Keluarga muda di Jerman menghadapi masalah karena program au pair ditunda yang disebabkan oleh pandemi virus corona