Daftar Manfaat Kopi bagi Tubuh, Memicu Rasa Bahagia

Lantas, apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan? Berikut daftar manfaat yang bisa Anda dapat ketika minum kopi secara rutin.
Biji Kopi (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Sudah banyak penelitian yang mengamati berbagai manfaat minum kopi bagi kesehatan. Kopi mengandung banyak zat yang mampu melindungi tubuh dari berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung dan Alzheimer.

Lantas, apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan? Berikut daftar manfaat yang bisa Anda dapat ketika minum kopi secara rutin.


1. Hidup Lebih Lama

Beberapa studi menemukan, orang yang minum kopi secara rutin berisiko lebih rendah untuk mengalami kematian akibat beberapa penyakit yang sering ditemukan pada wanita.

Penyakit tersebut, seperti jantung koroner, stroke, diabetes, dan penyakit ginjal. Ketika terhindar dari beberapa penyakit tersebut, secara tak langsung Anda juga bisa lebih panjang umur dan hidup lebih lama.

2. Menurunkan Risiko Gagal Jantung

Mengonsumsi satu sampai dua gelas kopi per hari dapat mencegah terjadinya gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi jantung melemah dan tidak mampu memompa cukup darah untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

3. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Satu dari dua puluh tiga wanita berisiko mengidap kanker usus besar. Namun menurut penelitian, minum kopi secara rutin, baik kopi biasa maupun decaf, dapat menurunkan risiko tersebut.

4. Mengurangi Peradangan di Dalam Tubuh

Biji kopi mengandung polifenol, yakni salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi makanan atau minuman mengandung antioksidan dapat mengurangi peradangan yang memicu beberapa penyakit, seperti sindrom metabolik, diabetes, dan obesitas.

5. Memicu Rasa Bahagia

Beberapa penelitian mengatakan mengonsumsi kopi berhubungan dengan hadirnya emosi positif, termasuk kepuasan, keramahan, kasih sayang, rasa tenang, dan kebahagiaan. Ditemukan pula bahwa tidak ada emosi negatif yang berhubungan dengan konsumsi kopi.

Bahkan, menurut studi dari Harvard, Amerika Serikat, yang melibatkan 50.000 perempuan, mengonsumsi kopi bisa mengurangi risiko depresi, lho.

6. Kopi Decaf Masih Mengandung Antioksidan

Kopi decaf yang kadar kafeinnya sudah dibuang masih mampu memberikan perlindungan tubuh dari penyakit kronis. Sebab, di dalam kopi decaf masih terkandung antioksidan.

Jadi, apabila Anda tidak ingin terjaga namun tetap mendapatkan manfaat antioksidan untuk tubuh, kopi decaf menjadi alternatif yang menguntungkan.

Itulah enam manfaat kopi bagi tubuh kita, jadi jangan takut untuk minum kopi. Karena kopi mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.[]

(Erlangga)


Baca Juga:

Berita terkait
Kopi Mampu Kurangi Risiko Paparan Covid, Ini Penjelasan Ahli
Tak hanya bermafaat untuk kecantikan penelitian terbaru kali ini mengkaitkan manfaat minum kopi dengan risiko paparan virus corona.
Resep Es Kopi Aren A La Puguh Kristanto
Es kopi gula aren sedang populer. Ya, sensasi gula aren menjadi keunikan tersendiri, sehingga menyedot animo masyarakat.
Bubuk Kopi Sebagai Alternatif Ampuh Usir Nyamuk
Bau kopi ternyata tidak disukai oleh serangga sehingga dimanfaatkan untuk mengusir serangga. Selain itu kopi juga digunakan untuk mengusir nyamuk.
0
Daftar Manfaat Kopi bagi Tubuh, Memicu Rasa Bahagia
Lantas, apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan? Berikut daftar manfaat yang bisa Anda dapat ketika minum kopi secara rutin.