Aturan Minum Kopi Bagi Anda yang Mengkonsumsi Setiap Hari

Minum secangkir kopi hangat pada pagi hari mungkin sudah menjadi ritual wajib bagi sebagian orang. Berikut aturan minum kopi bagi Anda yang sering.
Ilustrasi - Kopi. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Minum secangkir kopi hangat pada pagi hari mungkin sudah menjadi ritual wajib bagi sebagian orang, bukan tidak mungkin banyak penelitian yang mengatakan bahwa kopi juga memiliki manfaat kesehatan.

Jika Anda mengandalkan kopi agar merasa segar pada pagi hari, sebab kopi mengandung kafein yang bisa membuat Anda menjadi semangat dan fokus setelah minum secangkir kopi.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings, orang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi setiap hari memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 56 persen.

Konsumsi minuman berkafein juga dapat berdampak buruk bagi anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Mereka harus membatasi asupan kafein tidak lebih dari 200 miligram per hari (setara 2 cangkir kopi).

Pada orang dewasa sekalipun, minum kopi bisa menimbulkan efek yang tidak mengenakkan. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi asupan kopi Anda agar tidak melebihi 2 – 3 cangkir setiap hari.

Namun, ini merupakan batas rata-rata yang belum tentu berlaku bagi semua orang. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.


1. Kondisi kesehatan

Bila Anda memiliki penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, otomatis ketentuan “2-3 cangkir per hari” tidak lagi berlaku. Anda mungkin harus mengubah porsi ngopi setiap harinya agar tidak mengalami efek negatif dari minum kopi.

Kendati belum ada bukti kuat yang dapat menghubungkan tekanan darah tinggi dengan kopi, kebiasaan ini mungkin bisa memperparah kondisi hipertensi Anda.


2. Pola tidur

Kopi bisa mengganggu tidur, setidaknya bagi sebagian besar orang, padahal tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental.

Kafein bisa menimbulkan rasa mulas, jantung berdebar, dan efek lainnya yang membuat tidur Anda jadi terganggu. Rata-rata, efek kafein berlangsung selama 6 jam.


3. Faktor genetik

Proses pemecahan serta penyerapan kafein dalam tubuh dibantu oleh enzim tertentu. Perbedaan genetik dalam tubuh seseorang bisa memengaruhi kerja enzim tersebut dan akhirnya ikut berdampak pada metabolisme kafein dalam tubuhnya.

Kondisi yang dikenal sebagai intoleransi kafein ini rupanya sangat umum. Bagi orang yang tidak bisa menoleransi kafein, konsumsi 1 – 2 cangkir kopi setiap hari saja dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan hipertensi.


4. Beda orang, beda kebutuhan

Beberapa orang sanggup minum kopi hitam berdosis tinggi dan tetap merasa segar bugar sepanjang hari. Sementara bagi yang lain, minum kopi setengah cangkir saja mungkin bisa membuat mereka gelisah dan sakit perut.

Jadi, jangan jadikan kesimpulan sebelumnya sebagai patokan wajib bagi diri Anda. Jika satu cangkir kopi saja bisa menimbulkan efek yang sangat mengganggu, ada baiknya Anda menghindari konsumsi kopi. []




Berita terkait
7 Cara Menyeduh Kopi agar Lebih Sehat
Ada banyak cara yang bisa kita gunakan agar kopi yang kita konsumsi menjadi minuman sehat.
PLN Dukung Kopi Nipah Panjang, Lewat Sungai Menembus Pasar
Kepedulian PT PLN (Persero) mendukung perekonomian masyarakat Desa Nipah Panjang, tak sebatas urusan listrik PLN juga mendukung kopi Nipah Panjang.
Efek Samping Kopi yang Patut Diperhatikan
Selian manfaat, kopi juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan ketika konsumsi berlebihan.
0
Aturan Minum Kopi Bagi Anda yang Mengkonsumsi Setiap Hari
Minum secangkir kopi hangat pada pagi hari mungkin sudah menjadi ritual wajib bagi sebagian orang. Berikut aturan minum kopi bagi Anda yang sering.