UNTUK INDONESIA
Cucu Jokowi La Lembah Manah Lahir Langsung Terkenal
La Lembah Manah lahir dengan takdir sebagai cucu Presiden Jokowi. Ia pun langsung terkenal bahkan sejak dalam kandungan.
La Lembah Manah (dalam boks) dikunjungi Embah Jokowi dan Embah Iriana. (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Jakarta - La Lembah Manah lahir dengan takdir sebagai cucu Presiden Jokowi. Ia pun langsung terkenal bahkan sejak dalam kandungan. Adik Jan Ethes ini seperti semua manusia di dunia ini, tidak bisa memilih ayah dan ibu, tidak bisa memilih kakek dan nenek. Ini perkara takdir.

La Lembah Manah adalah anak kedua pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung Jokowi.

Presiden Jokowi membagikan bahagia menyambut cucu ketiganya itu dengan mengunggah sebuah foto di laman Facebook. Foto memperlihatkan La Lembah Manah tidur di sebuah boks, dipandangi neneknya yang tersenyum, Iriana. Sementara Jan Ethes nyaman dalam gendongan kakeknya, Jokowi. 

Bersama unggahan foto, Sabtu, 16 November 2019, Jokowi menulis sebagai berikut.

"Dengan perasaan senang dan bahagia saya menyampaikan kelahiran cucu saya, cucu ketiga: La Lembah Manah, pada hari Jumat 15 November 2019 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta.

Semoga ia kelak bertumbuh menjadi anak yang baik, sehat, dan berbakti. Terima kasih."

La Lembah ManahLa Lembah Manah, cucu ketiga Jokowi. (Foto: Instagram/La Lembah Manah)

La Lembah Manah menambah kebahagiaan keluarga besar Jokowi. Dan untuk mengenal secara utuh orang-orang yang ditakdirkan dalam lingkaran dekat Jokowi. Berikut ulasan dirangkum Tagar dari berbagai sumber.

Anak Jokowi

Jokowi menikahi Iriana di Solo, Jawa Tengah. 24 Desember 1986. Pasangan ini dikaruniai tiga buah hati, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo, 1 Oktober 1987 adalah anak sulung dari Jokowi. Ia lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) pada 2007 kemudian melanjutkan studi ke University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus 2010. Ia pengusaha di bidang kuliner.

Kahiyang Ayu lahir di Solo, 20 April 1991 adalah anak kedua dan putri satu-satunya Jokowi. Ia alumnus Universitas Sebelas Maret, lulus dengan IPK 3,12 pada 17 Desember 2013.

Berikutnya Kahiyang kuliah di Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor. Ia menyelesaikan S2 selama 23 bulan dengan tesis berjudul 'Analisis Strategi dan Daya Saing Perkebunan Tebu (Studi Kasus PTPN X Surabaya)'. Ia lulus dengan predikat Cum laude atau sangat memuaskan dengan IPK 3,90 pada 25 September 2019.

Kaesang Pangarep lahir di Solo, 25 Desember 1994 adalah anak bungsu dari Jokowi. Ia sejak SMA mengikuti jejak kakak sulung Gibran, menempuh pendidikan di Singapura. Ia lulus dari Anglo-Chinese School International pada November 2014. Ia bermain dalam film Cek Toko Sebelah pada 2016.

keluarga Besar Presiden Jokowikeluarga Besar Presiden Jokowi. (Foto: Twitter/Jokowi)

Menantu Jokowi

Menantu pertama Jokowi adalah Selvi Ananda lahir di Solo, 9 Januari 1989. Selvi istri Gibran Rakabuming Raka. Putri dari pasangan Fransiska Sri Partini dan Ignatius Didit Supriyadi. Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta dan dinobatkan menjadi pemenang kontes Putri Solo pada 2009. Berpindah dari agama Katolik Roma ke Islam sebelum menikah dengan Gibran.

Menantu kedua Jokowi adalah Bobby Nasution lahir di Medan, Sumatra Utara, 5 Juli 1991. Bobby suami Kahiyang Ayu. Alumnus Institut Pertanian Bogor jurusan Agribisnis di Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Ia keturunan Raja Gunung Baringin Nasution Mandailing Natal Penyabungan Timur.

Pada 25 September 2019, Bobby lulus S2 dari Institut Pertanian Bogor dengan predikat memuaskan bersama istrinya, Kahiyang Ayu.

Besan Jokowi

Ignatius Didit Supriyadi adalah ayah Selvi Ananda yang artinya ayah mertua Gibran Rakabuming Raka dan besan Jokowi. Ia menjalankan usaha warung makan sambal belut di Solo. Ia meninggal pada 3 April 2018.

Fransiska Sri Partini adalah istri Didit Suriyadi, ibunda Selvi Ananda yang artinya ibu mertua Gibran dan besan Jokowi.

Erwin Nasution adalah ayah Bobby Nasution yang artinya ayah mertua Kahiyang Ayu dan besan Jokowi. Ia lahir di Tebingtinggi, Sumatera Utara, 10 April 1954, meninggal di Medan, Sumatra Utara, 18 Januari 2017 pada umur 62 tahun. Semasa hidup pernah menjabat Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (Persero)

Ade Hanifah Siregar istri Erwin Nasution, ibunda Bobby Nasution yang artinya ibu mertua Kahiyang Ayu dan besan Jokowi.

Ibunda JokowiIbunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo. (Foto: Istimewa)

Ayah Ibu Jokowi

Ayah Jokowi adalah Noto Mihardjo dan ibundanya adalah Sudjiatmi lahir 15 Februari 1943). Noto dan Sudjiatmi teman saat remaja yang kemudian menikah. Sujiatmi keturunan petani Jawa, dan Noto keturunan Lurah Karanganyar. Mereka hidup sulit setelah menikah muda dan putus sekolah.

Kakek Nenek Jokowi

Kakek dari pihak ayah bernama Lamidi Wiryo Miharjo adalah Kepala Desa Kragan. Ia terkenal dengan panggilan Lurah Dongkol. Noto Mihardjo adalah anak pertama dari Lamidi Wiryo Miharjo dan Painem, selain saudaranya yang lain Wahyono, H. Mulyono Herlambang, Joko Sudarsono dan Heru Purnomo. Sementara dari silsilah ibu, Sudjiatmi adalah anak pedagang kayu di Gumukrejo, Kelurahan Giriroto, Kecamatan Ngemplak Boyolali bernama Wirorejo dan pasangannya Sani.

Adik Jokowi

Jokowi memiliki tiga adik perempuan, yaitu Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati. Ia sebenarnya memiliki seorang adik laki-laki bernama Joko Lukito, namun meninggal saat persalinan.

Paman Jokowi

Mulyono Herlambang adalah paman Jokowi. Ia meninggal di Jeddah, Arab Saudi pada 2 Januari 2019 saat menjalankan ibadah umrah.

Ayah Ibu Angkat Jokowi

Selimah Inem Thursina adalah ibu angkat Jokowi saat Jokowi bekerja di PT Kerta Kraft Aceh dari 1986 sampai 1989. Pada saat itu Jokowi bermukim di Kampung Bale Atu, Bener Meriah. Pada 16 Februari 2019, Selimah meninggal pada usia 68 tahun di RSUD Datu Beru, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah karena sakit kanker hati.

Nurdin adalah suami Selimah Inem Thrusina, ayah angkat Jokowi. []

Baca juga:

Berita terkait
La Lembah Manah Trending, Warganet Kepo Arti Namanya
La Lembah Manah, cucu ketiga Jokowi baru saja lahir. Nama dan informasi soal La Lembah Manah langsung menjadi perbincangan warganet.
Jan Ethes Superstar dalam Keluarga Jokowi
Jan Ethes, cucu pertama Presiden Jokowi layaknya bintang cilik yang menyedot perhatian masyarakat.
Politik Keluarga Jokowi yang Mematikan
Sebenarnya Jokowi bukan orang yang suka menonjolkan keluarganya di depan publik. - Ulasan Denny Siregar
0
@digeeembok Ada Karena Respons Polisi Lambat
Stanislaus Riyanta menilai akun Twitter @digeeembok ada, karena lambatnya penegakan hukum di Indonesia.