UNTUK INDONESIA
COVID-19 Buat Pelindo Perketat Pintu Masuk Pelabuhan
Pelindo I aktif melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 pada setiap orang yang masuk dan keluar.
Petugas operator pelabuhan memberikan masker secara gratis kepada seorang turis asing dari Melaka, Malaysia, yang tiba di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Kamis, 5 Maret 2020. (Foto: Antara/Aswaddy Hamid/foc)

Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I aktif melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di lingkungan Pelindo I. Setiap orang yang masuk dan ke luar dari pintu masuk pelabuhan Indonesia, baik domestik maupun internasional tak akan luput dari pemeriksaan kesehatan.

"Baik itu untuk awak kapal, penumpang, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum. Pelindo I terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan dan pencegahan wabah corona," kata Senior Vice President Sekretariat Perusahaan Pelindo I M. Eriansyah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Khusus untuk petugas operasional dan para pemandu yang melakukan pemeriksaan, Eriansyah mewajibkan mereka untuk senantiasa memakai alat-alat khusus, sebagai antisipasi terpapar COVID-19.

"Selalu menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya," ucapnya.

Baca juga: Corona Buat Harga Masker Melonjak, Permainan Kartel?

Ia menjelaskan upaya pengawasan yang dilakukan Pelindo I dimulai saat kapal akan bersandar di pelabuhan. Bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), mereka yang ke luar dan masuk akan melalui pemeriksaan kesehatan sampai dinyatakan negatif virus corona.

Pengawasan dilakukan di seluruh pelabuhan milik Pelindo I meliputi provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau yang melayani bongkar muat kargo domestik maupun internasional terutama dari negara asal kargo (impor) yang terdampak virus corona.

Untuk area terminal penumpang, Pelindo I memasang thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuh di Terminal Penumpang Tanjungpinang, Belawan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai.

Selain itu, Pelindo zimemasang papan informasi yang berisi tentang bahaya corona dan cara pencegahannya, menyediakan hand sanitizer serta membagikan masker kepada para penumpang. Pihaknya juga melakukan sosialisasi antisipasi penyebaran virus corona kepada para pegawai di seluruh cabang Pelindo I.

Upaya yang dilakukan melakukan pemeriksaan suhu tubuh saat memasuki wilayah kantor, menyosialisasikan tata cara mencuci tangan secara teratur, menyediakan hand sanitizer di beberapa tempat, memasang poster informasi, mengimbau kepada pegawai yang terkena batuk dan flu untuk menggunakan masker, mengambil cuti bagi yang sakit, dan menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang terdampak COVID-19. []

Berita terkait
Pelindo IV Soft Launching Makassar New Port Tahap I Senilai Rp 2,51 Triliun
Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Makassar New Port Tahap I A, senilai Rp 2,51 triliun, di-soft launching hari ini, Jumat (2/11).
Pelindo I Sangkal Pindahkan BBM Ilegal di Nipah
Direktur Utama Pelindo I membantah dugaan transfer bahan bakar ilegal di perairan Nipah yang dilakukan salah satu kapalnya.
Pelindo I Awasi Penumpang dan Kargo Impor dari China
Maraknya isu penyebaran virus corona, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I melakukan langkah cepat untuk pencegahan.
0
COVID-19 Buat Pelindo Perketat Pintu Masuk Pelabuhan
Pelindo I aktif melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 pada setiap orang yang masuk dan keluar.