UNTUK INDONESIA
Corona, Edhy Prabowo Imbau Nelayan Kurangi Melaut
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengimbau nelayan, pembudidaya, dan masyarakat sektor kelautan mengurangi aktivitas di luar ruangan.
Nelayan tradisional menarik pukat darat saat menangkap ikan di perairan Pantai Kampung Jawa, Banda Aceh, Aceh, Kamis, 2 Januari 2020. (Foto: Antara/Ampelsa)

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengimbau nelayan, pembudidaya, dan masyarakat sektor kelautan dan perikanan mengurangi aktivitas di luar ruangan menyusul bertambahnya jumlah kasus positif virus corona (COVID-19) yaitu 172 orang di Indonesia.

Jika memang kegiatan harus dilakukan di luar rumah, ia menyarankan untuk menjaga jarak dan menghindari kontak fisik satu sama lain.

"Sementara waktu, agar menjalankan aktivitas di rumah dan menghindari pusat-pusat keramaian. Ini sesuai dengan pesan dari Presiden Joko Widodo," kata Edhy di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Edhy PrabowoMenteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menyampaikan pidato usai menyerahkan bantuan kepada nelayan di Palembang, Sumatera Selatan, Senin, 27 Januari 2020. (Foto: Antara/Nova Wahyudi/foc)

Karena, menurut dia bisa saja orang yang terjangkit virus tersebut tidak memperlihatkan gejala, seperti demam maupun batuk. Penerapan jarak saat berinteraksi kata dia, sangat penting sebagai antisipasi tertular COVID-19.

Maka dari itu, ia berpesan pada semua pihak untuk menjaga kebersihan. "Saya juga berpesan agar selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, dan selalu menggunakan masker bagi yang kurang sehat," ujarnya

Sementara itu, sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), diberlakukan sistem kerja dari rumah secara bergiliran. KKP juga mennerapkan pengecekan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu serta penyemprotan disinfektan di setiap gedung.

Pihaknya juga menyediakan hand sanitizer dan tidak menutup pintu masuk dan keluar ruangan untuk menghindari sentuhan tangan. Meski demikian, ia memastikan KKP tidak akan mengurangi porsi pelayanan, jika ada masyarakat yang datang ke sana.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan akan tetap menjalankan kewajiban dalam memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat," ucapnya. []

Berita terkait
Sebelum Wabah Corona, Kinerja KPK Dinilai Mandek
Pakar hukum pidana menilai kinerja KPK mandek dalam memberantas dan mencegah korupsi jauh sebelum virus corona mewabah di Indonesia
Empat Tingkatan Seseorang Dinyatakan Positif Corona
Seseorang dinyatakan terinfeksi virus Corona harus melewati empat tingkatan. Berikut ulasannya.
GMKI Karawang Dukung Pemerintah Tangani Corona
GMKI Cabang Karawang mendukung pemerintah untuk mencegah pencegahan dan penanganan Corona.
0
Nabi Hud AS, Sebelum Angin Membinasakan Segala
Kenapa angin bertiup sehebat-hebatnya selama tujuh malam delapan hari membinasakan Ad, kaum bertubuh besar dan kuat pada zaman Nabi Hud AS.