Cetak Rekor! Dana Investasi Uang Kripto Capai 9,5 Miliar

Dana yang masuk pada mata uang kripto saat ini mencetak rekor dalam 11 bulan pertama pada tahun 2021, diperkirakan capai 9,5 miliar dolar AS.
Ilustrasi - Investasi mata uang kripto. (Foto: Tagar/Unplash/@Thought catalog)

Jakarta – Dana yang masuk pada mata uang kripto saat ini mencetak rekor dalam 11 bulan pertama pada tahun 2021. Dikarenakan banyaknya investor yang berbondong-bondong masuk bursa, meskipun adanya penurunan harga pada beberapa minggu ini.

Pada, 26 November 2021, total arus masuk ke sektor ini mencapai 9,5 miliar dolar AS yang merupakan tertinggi sepanjang masa. Total arus masuk bitcoin mencapai 6,7 miliar dolar AS pada tahun 2020 lalu. Sedangkan, pada minggu ini total arus masuknya mencapai 306 juta dolar AS.

Belum lama ini, Invesco meluncurkan telah produk Cryptocurrency yang diperdagangkan pada bursa bitcoin di Eropa. Selain itu, CoinDesk melaporkan bahwa manajer aset WisdomTree juga mendaftarkan tiga keranjang kripto dalam Platform perdagangan elektronik atau ETP di bursa saham Swiss SIX Xetra yang berbasis di Frankfurt.


Kami masih berada di tengah siklus bullish, dan saya pikir kenaikan inflasi akan menyebabkan lebih banyak uang yang dialokasikan untuk saham dan kripto.


Bitcoin yang merupakan mata uang kripto terbesar di dunia, telah menerima dana yang masuk sebesar 2,7 miliar dolar AS selama 11 minggu berturut-turut. Sedangkan, aliran dana untuk produk atau investasi berbasis ethereum dalam lima pekan ini telah menerima dana sebesar 23 juta dolar AS.

“Inflasi meroket dan orang-orang mencari lebih banyak alternatif untuk uang mereka di bank,” kata Ruud Feltkamp selaku kepala bot perdagangan kripto otomatis berbasis cloud Cryptohopper dikutip dari Antara.

“Saya tidak berpikir itu akan memakan waktu lama sampai investor melihat ini sebagai momen pembelian 'murah'. Kami masih berada di tengah siklus bullish, dan saya pikir kenaikan inflasi akan menyebabkan lebih banyak uang yang dialokasikan untuk saham dan kripto," ujar Ruud Feltkamp.

Sementara itu, arus masuk relatif terhadap aset yang dikelola yakni, Solana dan Polkadot sampai saat ini terus menjadi pemenang, dengan total arus masing-masing yang mencapai 8,6 persen dari total aset yang dikelola.

Selain itu, CoinShares juga telah mengumumkan bahwa mereka melacak ETP blockchain ekuitas. yang saat ini total nilai pasar investasinya atau Asset Under Management (AUM) mencapai 3,7 miliar dolar AS. 

Pada pekan lalu, ETP membukukan arus modal yang masuk sebesar 20 juta dolar AS, yang sejak awal tahun nilainya mencapai 2 miliar dolar AS.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Kripto Terkini: Shiba Inu Tergusur Bitcoin dan Ethereum
Dengan pendinginan semangat spekulatif, perhatian pasar bisa beralih kembali ke Bitcoin dan kripto utama lainnya.
Daftar Resiko yang Harus Dipahami Investor Kripto
Risiko investasi kripto ini haruslah dipahami, bahkan sebelum kamu tertarik mencoba investasi tersebut.
3 Tips menghindari Kerugian dalam Trading Kripto
Cryptocurrency atau kripto tidak diawasi oleh OJK, tetapi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.
0
Cetak Rekor! Dana Investasi Uang Kripto Capai 9,5 Miliar
Dana yang masuk pada mata uang kripto saat ini mencetak rekor dalam 11 bulan pertama pada tahun 2021, diperkirakan capai 9,5 miliar dolar AS.