3 Tips menghindari Kerugian dalam Trading Kripto

Cryptocurrency atau kripto tidak diawasi oleh OJK, tetapi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.
Ilustrasi - Berbagai mata uang kripto. (Foto: Tagar/Unplash/Executium)

Jakarta - Karena sifat mata uang kripto yang sangat fluktuatif, Anda mungkin ingin memastikan bahwa Anda tidak memasukkan semua dana investasi 'berisiko' ke dalam mata uang kripto.

Kisah kerugian seperti yang dialami JOE007 tentu saja membuat sebagian pihak merasa was-was dan takut untuk melakukan trading kripto. Anda mungkin saja jadi salah satu di antaranya.

Namun, tidak sedikit juga trader yang mengalami kerugian besar akibat melakukan jual-beli secara kurang berhati-hati.


Ketahui risiko dan strategi dalam melakukan trading

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum atau sudah telanjur melakukan trading kripto adalah mengetahui risiko yang akan dihadapi.


Jangan panik saat Market Bearish

Umumnya, trader akan merasa panik dan melakukan aksi jual ketika nilai aset kripto yang dimiliki mengalami penurunan yang signifikan. Alih-alih menjual, Anda justru harus melakukan HODL dan menunggu situasinya membaik. Kepanikan hanya akan membuat Anda bertindak tidak rasional dan menjual seluruh aset tanpa berpikir panjang.

Tindakan FOMO ini biasanya terjadi pada trader yang baru pertama kali mencoba berinvestasi aset kripto. Oleh karena itu, Anda harus terbiasa dengan situasi tersebut agar mentalnya terus terasah dengan baik guna mendapatkan profit.


Hindari Menggunakan Leverage untuk Trading

Hindari menggunakan leverage ketika memutuskan untuk trading. Alokasikan dana khusus untuk berinvestasi atau trading. Hindari menggunakan dana hasil pinjaman saat bertransaksi. Sebab, hal tersebut bisa menjadi bencana, jika nilai aset kripto menurun. Dengan menggunakan alokasi dana pribadi, Anda bisa menekan kerugian.

Cryptocurrency tidak diawasi oleh OJK, tetapi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Setiap investasi pasti memiliki risiko, sama saja ketika Sobat Pintar menginvestasikan uang untuk pembelian saham atau aset tetap lainnya.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Sejarah Uang Kripto Shiba Inu Coin yang Meroket Behari-hari
Shiba Inu diakui secara internasional dan utilitasnya yang sah, sehingga SHIB akan terus memperluas jangkauannya.
Twitter Membentuk Divisi Khusus Kripto
Baru-baru in,i Twitter mulai memungkinkan pengguna untuk mengirimkan dan menerima tip Bitcoin.
4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Terjun ke Kripto
Semua pertukaran Bitcoin mengenakan biaya nominal dari pengguna untuk perdagangan Bitcoin.
0
Jokowi Resmikan Tol Serang-Rangkasbitung di Ruas Tol Serang-Panimbang
Presiden Jokowi resmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, 16 November 2021, di Kabupaten Lebak, Banten