UNTUK INDONESIA
Lima Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan
Ketumbar salah satu bumbu dapur yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Berikut Tagar rangkumkan lima manfaatnya.
Ketumbar, bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: Instagram/soto_padang_mangkuto)

Jakarta - Ketumbar memiliki manfaat kesehatan selain digunakan untuk bumbu dapur. Buahnya yang berbentuk bulat kecil berwarna cokelat ini terang ini biasanya digunakan sebagai penambah kekayaan rasa masakan.

Ketumbar mengandung banyak nutrisi mulai dari karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan fosfor. Seluruh kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut Tagar rangkuman lima manfaat ketumbar untuk kesehatan.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Jika sedang mengalami gangguan pencernaan, ketumbar dapat menjadi pilihan alami yang tepat untuk mengatasinya. Karena kandungan antioksidan dan serat yang terdapat di dalam biji ketumbar dapat membantu menstabilkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus.

Selain itu, mulailah coba untuk mengkonsumsi rutin air ketumbar jika ingin terhindar dari iritasi usus besar. Cara ini baik untuk dicoba karena bisa juga mengatasi sakit perut, mual, perut kembung, dan sembelit.

2. Mengatasi Infeksi jamur

Tidak hanya mengandung antioksidan, ketumbar juga diketahui memiliki dua sifat, yaitu antijamur dan antibakteri. Keduanya mampu mencegah infeksi baik dari jamur maupun bakteri.

Rebusan air ketumbar biasanya digunakan untuk menyembuhkan infeksi akibat jamur dan bakteri. Selain itu, bisa digunakan untuk berbagai penyakit lainnya.

3. Mencegah Diabetes

Biji ketumbar dapat merangsang produksi insulin di dalam tubuh, sehingga mencegah penumpukan dalam gula darah. 

Selain itu, kandungan serat ketumbar dapat berfungsi menurunkan kadar gula darah. Buat penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi air rebusan ketumbar secara rutin dan teratur.

4. Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup. Biasanya disebabkan karena kurangnya sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh, menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh.

Air rebusan ketumbar mampu membantu mecegah terjadinya anemia. Karena biji ketumbar yang mengandung vitamin dan mineral esensial, termasuk zat besi.

5. Mengatasi Menstruasi yang Tidak Teratur

Bagi para wanita yang menstruasinya tidak teratur jangan khawatir, rebusan air ketumbar bisa mengatasinya. Cukup mengkonsumsi secara teratur, alhasil mensturasi kembali normal.

Air rebusan ketumbar tersebut memiliki kandungan stimulan alami yang dapat merangsang kelenjar endokrin, sehingga hormon dalam tubuh wanita lebih seimbang. []

Berita terkait
Vape Kian Sekarat di Tangan Kementerian Kesehatan
Rokok elektrik atau yang dikenal dengan sebutan vape nasibnya kini semakin sekarat. Belum lama ini keluar pernyataan Kementerian Kesehatan.
Enam Tanaman Obat Diabetes
Diabetes salah satu penyakit berbahaya dengan ancaman kematian, mencegahnya bisa dibantu dengan tanaman herbal.
Delapan Tanaman untuk Sembuhkan Ambeien
Ambeien atau wasir merupakan peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Berikut Tagar bagikan pencegahannya secara alami.
0
Main Layang-layang, Pemain Brasil Tewas Kesetrum
Pemain lokal Brasil, Kaio Felipe Santos Silva, mengalami nasib tragis. Dia meninggal karena kesetrum listrik saat bermain layang-layang.