UNTUK INDONESIA
Cegah Corona Puluhan Orang Dilarang Masuk ke Samosir
Puluhan orang yang baru tiba di Kabupaten Samosir, dipulangkan dari Pelabuhan Tomok, Simanindo.
Petugas pemeriksaan kesehatan di Pelabuhan Sumber Sari Tomok melakukan pemeriksaan puluhan anak muda yang datang ke Samosir, Sabtu, 4 April 2020. (Foto: Tagar/Fernando Sitanggang)

Samosir - Puluhan orang yang baru tiba di Pelabuhan Tomok, Simanindo, Kabupaten Samosir, dipulangkan ke tempat asalnya untuk mencegah penularan Covid-19, Sabtu, 4 April 2020. 

Hal itu disampaikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon ketika melakukan monitoring ke Pelabuhan Tomok.

"Kejadiannya jam 16.00 WIB tadi. Ada dua rombongan dari luar Samosir datang melalui jalur danau Ajibata-Tomok, yaitu rombongan anak muda dari Kisaran dan Pematangsiantar dengan tujuan yang tidak jelas," ujar Rapidin.

Rombongan yang berjumlah sekitar 21 orang itu dipulangkan satuan gugus tugas bersama petugas keamanan dari pintu masuk Pelabuhan Ajibata-Tomok.

Kami dari polisi dan TNI untuk memulangkan puluhan orang tersebut

"Karena alasan yang tidak jelas, aparat keamanan terpaksa harus memulangkan mereka demi menjaga Samosir agar tetap terjaga aman dari Covid-19," terang Rapidin.

Kepala Satuan Polisi Air Kepolisian Resor Samosir Inspektur Polisi Satu M Syafii, membenarkan pemulangan rombongan anak muda tersebut.

"Benar, berdasarkan keterangan anggota dan atas koordinasi Pak Bupati Samosir yang kebetulan ada di sana meminta kami dari polisi dan TNI untuk memulangkan puluhan orang tersebut," ujarnya.

Rombongan tiba di Pelabuhan Sumber Sari Simanindo dan dipulangkan melalui Pelabuhan Tomok. "Mereka mengaku hendak jalan-jalan dan menjenguk orang, entah siapa katanya," tukasnya.

Sebelumnya petugas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Samosir juga telah beberapa kali melakukan pemulangan orang yang hendak ke Samosir, yaitu di pintu masuk Tele dan Pelabuhan Simanindo.[]

Berita terkait
1 ODP di Samosir Setelah Anaknya Datang dari Jogja
Satu warga Samosir ditetapkan ODP. Sebelumnya warga tersebut kedatangan putranya yang kuliah di Yogyakarta.
Karena Covid-19 Kejari Samosir Sidang Secara Online
Kejaksaan Negeri Samosir melakukan sidang dengan cara online melalui video conference. Ada 18 perkara disidangkan.
Paronan di Samosir Dibagi Masker dan Hand Sanitizer
Di tengah wabah virus corona, onan atau pekan di Pasar Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, tetap berlangsung.
0
Bara JP: Agar Penyaluran Bantuan Sosial Tepat Sasaran
Agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran dalam situasi darurat Covid-19, pemerintah secara efektif bisa menggandeng barisan relawan. Bara JP.