UNTUK INDONESIA
Cara Nikmati Tagihan Listrik Gratis di Aceh
PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh memperkirakan ada 832.961 pelanggan mendapat keringanan tagihan listrik bagi pelanggan.
PLN. (Foto: Instagram/@pln_id)

Banda Aceh- Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh memperkirakan ada 832.961 pelanggan mendapat keringanan tagihan listrik bagi pelanggan 450 Volt Amper (2 Amper) dan diskon 50% untuk pelanggan 900 Volt Amper (4 Amper).

General Manager PLN UIW Aceh Jefri Rosiadi mengatakan, dari total tersebut, ada sebanyak 629.523 pelanggan yang masuk dalam golongan dengan daya 450 VA atau 2 Amphere menikmati listrik gratis selama tiga bulan ke depan.

Sedangkan untuk pelanggan dengan daya 900 VA atau 4 Amphere sebanyak 203.438. Mereka akan menikmati diskon tagihan listrik sebesar 50 persen mulai April, Mei dan Juni 2020.

"Hal itu sesuai dengan salah satu Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) yang telah ditandatangani presiden Jokowi di mana salah satunya mengratiskan biaya tagihan listrik tiga bulan untuk mengurangi dampak pandemi virus Covid-19," ucap Jefri Rosiadi dalam keterangannya kepada Tagar, Sabtu, 4 April 2020.

Sedangkan untuk pelanggan dengan daya 900 VA pasca bayar/analog yang mendapatkan program diskon 50 persen hanya diwajibkan membayar rekening 50 persen saja.

Jefri menyampaikan, mekanisme atau cara mendapatkan program tersebut, bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA pascabayar/analog akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir”.

"Sedangkan untuk pelanggan dengan daya 900 VA pasca bayar/analog yang mendapatkan program diskon 50 persen hanya diwajibkan membayar rekening 50 persen saja," ujarnya.

Selanjutnya, bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir dan ini hanya berlaku bagi pelanggan yang sudah terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT) atau pelanggan subsidi.

Jefri menuturkan, untuk mengetahui pelanggan mendapatkan subsidi atau tidak. Maka bisa dilihat dari struk rekening listrik, terdapat kode R1/900 VA, itu menunjukkan pelanggan berhak mendapatkan subsidi.

"Sementara jika tertera R1M/900 VA maka pelanggan tersebut tidak sebagai pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah," katanya.

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara. Pertama, membuka alamat www.pln.co.id. Lalu masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

Selanjutnya, masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID masing-masing.

Selain itu juga dapat mengakses melalui Whatssap ke nomor 08122-123-123. Dengan cara membuka Aplikasi WhatsApp, dan mengirim pesan WhatsApp ke nomor 08122-123-123, mengikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan.

Baca juga: Jawaban PLN Aceh Soal Listrik Gratis Saat Corona

Maka setelah itu akan muncul token gratis, pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID masing-masing. Lalu, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam kerun waktu 3 bulan terakhir.

Jefri menyebutkan, proses pembagian token bebas tagihan dan diskon rekening listrik ini memang bertahap, ada yang sudah dimulai pada tanggal 1 April 2020, dan paling lambat tanggal 11 April 2020.

"Untuk seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut, saat ini mungkin pelanggan susah untuk mengakses kedua mekanisme tersebut karena padatnya pelanggan yang mengakses, jadi kami berharap pelanggan bisa mencoba mengakses diwaktu yang lain," tutur Jefri. []

Berita terkait
Aceh Cabut Penerapan Jam Malam
Forkopimda Aceh telah mencabut Maklumat tentang penerapan jam malam yang sudah berjalan sejak Minggu, 29 Maret 2020 lalu.
Warga Banda Aceh Sudah Bebas Minum Kopi di Warkop
Para pengusaha warung kopi di Banda Aceh sudah diizinkan kembali membuka usahanya.
Hikmah Corona, Narapidana di Aceh Berkumpul Keluarga
52 narapidana di Aceh di bebaskan, setelah mendapatkan asimilasi di rumah sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Hukum dan HAM karena corona.
0
Pasien Suspek Corona asal Sibolga Meninggal di Medan
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kota Sibolga meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan.