Cara Menghapus Riwayat Aktivitas di Microsoft Windows 10

Software ini mengumpulkan dan menyimpan riwayat aktivitas Anda di komputer dan ke cloud.
Windows 10. (Foto: Tagar)

Jakarta - Ada dua cara Anda bisa menghapus aktivitas terbaru di Windows 10 dengan cepat dan mudah. Pertama, dari pengaturan komputer dan kedua akun cloud Microsoft.  Software ini mengumpulkan dan menyimpan riwayat aktivitas Anda di komputer dan ke cloud. 

Mulai dari riwayat penelusuran hingga informasi lokasi semuanya ada riwayatnya. Beruntung, Microsoft memudahkan melihat semua data yang mereka simpan dan memungkinkan Anda menghapusnya.

Jika Anda ingin menghapus riwayat aktivitas Windows 10 jangan khawatir. Berikut ini cara menghapus riwayat aktivitas Windows 10 yang bisa dicoba sebagaimana dikutip dari Make use of.


1. Cara Menghapus Riwayat Aktivitas Windows 10 dari Komputer

Untuk melakukan dari komputer, klik tombol setting di menu Start. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus riwayat aktivitas Windows 10 dengan mudah:

  • Klik tombol Settings di menu Start
  • Klik Privacy
  • Di bar kiri, select Activity History
  • Di bawah Clear Activity History, klik tombol Clear

Cara yang disebutkan di atas akan menghapus riwayat aktivitas untuk akun yang saat ini digunakan.


2. Cara Disable Pelacak Aktivitas di Windows 10 Timeline Pada 2018,

Microsoft menambahkan fitur Timeline baru yang melacak semua aktivitas Anda di Windows 10. Anda bisa melihat semua jendela yang saat ini Anda buka dan semua file yang pernah Anda buka sebelumnya. Aktivitas ini disinkronkan di antara semua perangkat Anda.

Jadi, jika Anda lebih suka Windows tak menyimpan aktivitas, Anda harus menonaktifkan itur ini. Untuk melakukan ini, akses halaman Riwayat Aktivitas seperti yang Anda lakukan di atas.

Dari sini, hapus centang Simpan riwayat aktivitas saya di perangkat ini. Ini menghentikan Windows dari mengingat apa yang Anda lakukan di timeline Anda. Kemudian, hapus centang Kirim riwayat aktivitas saya ke Microsoft untuk menghentikan pengiriman data Anda ke server Microsoft.

Sekarang setelah kedua kotak tidak dicentang, Anda akan melihat kurangnya pelacakan aktivitas di masa mendatang.

Menjaga Data Anda Aman di Windows 10 bukanlah pilihan utama pendukung privasi untuk sistem operasi, tetapi Anda dapat memantau data Anda dan menyesuaikan pengaturan privasi agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekarang Anda tahu cara melihat data yang dimiliki Microsoft, dan cara menghapusnya. Sekarang data Anda di Windows 10 aman, saatnya untuk memastikan bahwa semua program dan pengaturan pada PC Anda sama kuatnya.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan komputer Anda, seperti menghapus instalasi Flash dan membuat titik pemulihan. []

Baca Juga: Hindari Peretasan, Update Windows 10 Anda

Berita terkait
Cara Upgrade dan Download Windows 11 dengan Cepat dan Mudah
Sebelum memutuskan untuk download dan install Windows pastikan telah melakukan backup atau memiliki salinan data-data penting.
Microsoft Siap Luncurkan Windows 10X untuk Laptop Entry-Level
Microsoft dikabarkan telah menyelesaikan Windows 10X yang merupakan versi baru Windows 10 9 yang dirancang untuk dipasang di laptop entry-level.
5 Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot
Banyak pengguna yang mengeluhkan lemotnya akses pada Windows 10. Lantas, bagaimana cara mengatasi Windows 10 yang lemot? Berikut ulasannya.
0
Cara Menghapus Riwayat Aktivitas di Microsoft Windows 10
Software ini mengumpulkan dan menyimpan riwayat aktivitas Anda di komputer dan ke cloud.