UNTUK INDONESIA
5 Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot
Banyak pengguna yang mengeluhkan lemotnya akses pada Windows 10. Lantas, bagaimana cara mengatasi Windows 10 yang lemot? Berikut ulasannya.
Ilustrasi Windows 10. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Setelah Microsoft menghentikan dukungannya untuk Windows 7 pada Januari 2020, kemudian Windows 10 menjadi yang paling banyak digunakan diberbagai perangkat saat ini. Namun dalam penggunaan sistem operasi ini, banyak pengguna yang mengeluhkan lemotnya akses di Windows 10. Lantas, bagaimana cara mengatasi Windows 10 yang lemot?

Penggunaan Windows 10 terbilang lebih cepat ketimbang versi sebelumnya, tapi laptop atau perangkat yang digunakan juga harus kompatibel dengan Windows 10 ini.

Berikut adalah 5 cara mudah mengatasi Windows 10 yang lemot, dikutip dari berbagai sumber, Senin, 21 September 2020.

1. Spesifikasi komputer yang digunakan harus sesuai

Windows 10 ini tidak bisa digunakan di beberapa perangkat dengan spesifikasi yang tidak mumpuni, jika dipaksakan maka komputer akan menjadi lemot. Spesifikasi perangkat yang dapat menjalankan sistem operasi ini, yakni prosesornya harus 1Ghz atau lebih cepat, lebih direkomendasikan dual-core ke atas.

Kemudian RAM yang disediakan minimal 2GB untuk kedua sistem (32 bit dan 64 bit). Lalu, hard disk minimal memiliki kapasitas kosong 16GB untuk 32 bit dan 20GB untuk 64 bit.

2. Membersihkan file sampah

Walau terdengar sepele, tapi membersihkan file sampah pada perangkat dapat meningkatkan performa Windows 10 agar tidak lemot. Caranya adalah pada kolom search taskbar ketik 'RUN', kemudian buka dan ketik lagi Temp, lalu klik 'OK', dan hapus semua file dan folder yang terbuka di jendela baru.

Tidak sampai situ saja, lakukan langkah yang sama untuk kedua kalinya, tapi pada 'RUN', ketik %Temp%, lalu klik 'OK'.

3. Uninstall Aplikasi yang tidak diperlukan

Aplikasi yang terinstal di perangkat tapi jarang digunakan tentunya dapat membuat kinerja Windows 10 menjadi menurun dan membuatnya menjadi lemot. Oleh sebab itu, uninstall atau hapus aplikasi yang sekiranya tidak pernah atau jarang dipakai.

Aplikasi yang menumpuk akan membuat kapasitas hard disk menjadi semakin berkurang, alhasil hal ini akan mirip dengan file sampah yang sebelumnya harus dihapus juga.

Cara uninstall aplikasi terbilang mudah, cukup ketik Control Panel pada search taskbar, kemudian buka dan masuk 'uninstall a program', dan pilih aplikasi yang tidak diperlukan dan ingin dihapus.

4. Tutup aplikasi berjalan secara manual

Ada beberapa aplikasi yang terkadang sudah tidak digunakan, tapi masih berjalan di latar belakang. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab lemotnya Windows 10.

Cara untuk menutup aplikasi berjalan secara manual adalah dengan membuka task manager (Ctrl + Shift + ESC), kemudian cari aplikasi berjalan yang tidak perlu, lalu klik 'End Task', atau lebih mudahnya cukup dengan menekan 'Exit Program' pada bagian taskbar.

5. Mengurangi ikon dekstop

Saat Windows baru Startup, sistem akan mempersiapkan aplikasi-aplikasi yang berjalan dan icon aplikasi tersebut akan ditampilkan pada desktop. Namun, hal ini nyatanya bisa membuat performa Windows 10 menjadi lemot.

Meski jarang digunakan, tapi cara ini dapat membantu meningkatkan performa Windoes 10 agar tidak lemot lagi. Caranya cukup klik kanan pada icon yang ingin dihapus, kemudian klik 'delete', atau bisa juga klik kanan desktop, lalu hilangkan opsi 'Show Desktop Icon'.[]

Berita terkait
Cara Hubungkan Samsung Galaxy Note20 dan Windows 10
Saat ini pengguna Samsung Galaxy Note20 dapat dengan mudah terintegrasi dengan Microsoft Windows di PC atau laptop.
Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 10
Kelelahan mata di depan komputer atau laptop dalam bekerja berjam-jam sering kali terjadi, sehingga membuat mata merah dan wajah pucat.
Lima Fitur Windows 10 Paling Tidak Berguna
Windows 10 digunakan oleh 400 juta orang di seluruh dunia pada 2017. Namun, seiring perkembangannya ternyata ada fitur yang tidak berguna.
0
Dua Lakalantas Terjadi dalam Sehari di Bulukumba
Kecelakaan kembali terjadi di Bulukumba, kali ini melibatkan roda empat dan roda dua menyebabkan pengemudi roda dua luka berat.