Microsoft Siap Luncurkan Windows 10X untuk Laptop Entry-Level

Microsoft dikabarkan telah menyelesaikan Windows 10X yang merupakan versi baru Windows 10 9 yang dirancang untuk dipasang di laptop entry-level.
Logo Microsoft

Jakarta - Perusahaan teknologi Microsoft dikabarkan telah menyelesaikan Windows 10X yang merupakan versi baru Windows 10 9 (dirancang untuk dipasang di laptop entry-level). Mereka sukses menyelesaikan pekerjaan internal pada Windows 10X Build 202XX dan siap untuk meluncurkannya dalam rilis ke produsen (RTM).

Awalnya Windows 10X akan datang dengan Surface Neo layar ganda tetapi kemudian strategi tersebut disesuaikan dan dalam versi saat ini ditujukan untuk laptop dengan jumlah yang terbatas.

Terlepas dari kenyataan bahwa Windows 10X sudah siap, laptop yang beroperasi hanya akan dijual di musim semi (untuk sementara, di bulan April).

Microsoft tak akan mendistribusikan Windows 10X sebagai firmware yang bisa diunduk gratis, jadi pengguna biasa tidak akan dapat menginstalnya di PC mereka begitu saja, paling tidak hingga image sistem yang ditransfer dari partisi sistem dari salah satu laptop dengan OS ini muncul.

Windows 10X merupakan versi ringan dari Windows 10 dengan driver terpadu, tidak ada dukungan awal untuk aplikasi Win32, dan menu Start yang disederhanakan (no tiles).

Inovasi lainnya, yakni dalam antarmuka Windows 10X merupakan jendela sudut membulat. Bila di Windows 10X inovasi ini sudah diimpementasikan, maka di Windows 10 biasa, kemungkinan hanya akan muncul dalam waktu sekitar satu tahun.

Pihak Microsoft menyatakan sedang mempertimbangkan ide untuk membawa aplikasi Android ke Microsoft Store dalam Windows 10 sekitar tahun depan. Sebab upaya OS seluler Microsoft gagal. Untuk alasan itu perusahaan mungkin tetap menggunakan Android dan aplikasinya.

Menurut laporan tersebut, Microsoft merencanakan pembaruan kecil pada paruh pertama 2021 mendatang. Hal ini akan mempersiapkan kerangka kerja untuk pembaruan besar lain yang akan datang pada H2 2021.

Perusahaan raksasa itu akan meluncurkan program emulasi x86 yang akan memungkinkan PC berbasis ARM untuk menjalankan program desktop biasa. Windows Central mengungkapkan bahwa fitur-fitur ini akan segera memasuki tahap pratinjau, namun hanya akan diluncurkan pada tahun 2021.

Nantinya juga akan memperkenalkan fitur menarik yang dinamakan "Cloud PC". Layanan tersebut akan memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming intans Windows 10 melalui koneksi internet untuk menjalankan program sumber daya tinggi tanpa perangkat keras lokal.

Dengan cara yang sama, pemain bakal dapat melakukan streaming game yang berjalan di komputer jarak jauh. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Nokia Bakal Rilis Produk Laptop dengan Sertifikasi BIS
Setelah merilis produk ponsel dan televisi, Nokia bakal meluncurkan produk laptop dengan sertifikasi Bureau of Indian Standards (BIS) di India.
Main Ponsel dan Laptop di Toilet Pemicu Gangguan Kesehatan
Para dokter mengatakan jumlah anak muda zaman ini yang terkena wasir belakangan ini meningkat tajam seiring dengan kebiasaan main ponsel di toilet
Microsoft Suntik Dana Rp 1,46 Triliun ke Bukalapak
Perusahaan teknologi Amerika Serikat, Microsoft akan berinvestasi untuk e-commerce di Indonesia, Bukalapak senilai US$ 100 juta.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.