UNTUK INDONESIA
Tips Agar Anak Tidak Sesak Napas Saat Memakai Masker
Sebagian besar anak-anak merasa tidak betah memakai masker saat pandemi Corona karena membuatnya sesak atau susah bernapas.
Ilustrasi Anak Pakai Masker. (Foto: metroparent.com)

Jakarta - Para pakar kesehatan dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat berkegiatan di luar ruangan atau rumah guna mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Lantas, bagaimana untuk anak-anak yang mungkin sebagian besar tidak betah menggunakan alat pelindung wajah ini karena membuatnya sesak dan susah bernapas?

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, dokter anak Heather Daniels mengatakan anak berusia di bawah dua tahun tidak boleh menggunakan masker lantaran bisa membuatnya sulit bernapas dan berisiko kekurangan oksigen.

"Selain itu, anak kecil tidak bisa menyesuaikan masker atau melepasnya saat mereka mulai sulit bernapas," kata Daniels.

Daniels menyarankan para orang tua untuk mengikuti instruksinya dan menentukan tingkat kenyamanan saat mengajak anak beraktivitas di luar ruangan.

"Beberapa orang tua mungkin belum merasa nyaman membawa anak-anak mereka ke tempat-tempat umum dan itu tidak apa-apa." ucapnya.

Jangan memaksa membawa sang buah hati berada di tempat umum atau bertemu orang lain khususnya bayi baru lahir. Namun jika terpaksa, Daniels menganjurkan untuk menjaga jaraknya minimal dua meter.

Selain itu, minta saudara atau teman yang sedang sakit untuk tetap berada di rumah guna melindungi si kecil. "Siapa pun yang akan menemui buah hati kita juga pastikan mengenakan masker," ujar Daniels.

Bagi anak-anak berusia di atas dua tahun, mereka diperbolehkan untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan. Tetapi, tak perlu menggunakannya saat berada di rumah atau hanya berjalan-jalan di sekitar rumah tanpa bertemu orang lain, jangan lupa juga untuk mencuci masker anak sesudah dipakai.

Dia juga meminta para orang tua menjelaskan manfaat menggunakan masker dengan bahasa yang mudah dipahami jika sang anak menolaknya. 

"Beberapa anak kecil biasanya merasa takut dan tak nyaman memakai masker karena ini memang hal yang baru. Itu sebabnya, orang tua harus memberikan penjelasan yang mudah dimengerti anak," tuturnya.

Daniels juga menyarankan orang tua untuk membebaskan mereka memilih masker dengan warna dan pola yang disukai agar anak bersemangat menggunakannya. []

Baca juga:

Berita terkait
Cara Bijak Memilih Lokasi Imunisasi Saat Masa Corona
Ahli tumbuh kembang anak, Prof. Soedjatmiko menyarankan pada orang tua agar bijak memilih lokasi imunisasi yang aman untuk anak selama masa Corona.
Tips Mengatasi Jerawat Meradang Akibat Pakai Masker
Akibat keseringan pakai masker, jerawat bisa meradang dan kondisi ini pasti dialami oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif.
Tips Cegah Iritasi Wajah Akibat Sering Pakai Masker
Memakai masker dalam jangka waktu yang lama di tengah pandemik coronavirus Covid-19 bisa menimbulkan masalah pada kulit.
0
Tips Agar Anak Tidak Sesak Napas Saat Memakai Masker
Sebagian besar anak-anak merasa tidak betah memakai masker saat pandemi Corona karena membuatnya sesak atau susah bernapas.