Cara Menetapkan Tabungan dan Tujuan Keuangan

Menabung menjadi penting agar kehidupan keuangan kita lebih baik. Menyimpan uang di bank dapat membuatmu lebih mudah mengatasi keadaan darurat
Tujuan keuangan (Foto: Tagae/Pexels/Katie Harp)

Jakarta - Menabung menjadi penting agar kehidupan keuangan kita lebih baik. Menyimpan uang di bank dapat membuatmu lebih mudah mengatasi keadaan darurat sekaligus mewujudkan impianmu, seperti mempunyai rumah atau mobil. Menetapkan tujuan keuangan menjadi langkah pertama agar menabung menjadi rutinitas.


Kenapa Membutuhkan Tujuan Keuangan?

Mempunyai tujuan keuangan memungkinkanmu mencapai impian dan harapan. Dimulai dengan memilih tujuan sampai bisa mengembangkan rencana untuk mencapainya. 

Misalnya, beberapa orang menggunakan trik ini untuk penetapan tujuan, yaitu SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timebound). Merincikan tujuan dengan cara ini dapat memberimu arah dan motivasi yang dibutuhkan untuk mencapainya.

  • Specific (Spesifik): Untuk apa kamu menabung?
  • Measurable (Terukur): Berapa banyak yang ingin ditabung?
  • Attainable (Yang dapat dicapai): Apakah ini tujuan yang bisa dicapai?
  • Relevant (Berguna): Mengapa tujuan ini penting untukmu?
  • Timebound (Batas Waktu): Kapan kamu ingin mencapai tujuan?


Tindakan Yang Harus Diambil: Tetapkan Dua Tujuan Tahun Ini

Ketika menetapkan tujuan, lebih baik sedikit. Terlalu banyak tujuan, membuat menjadi kewalahan. Hal ini bisa membuatmu menyerah sebelum memulai. Jika tidak yakin apa yang harus difokuskan dengan tujuanmu, ad acara sederhana untuk menetapkannya. Pilih satu tujuan keuangan yang dapat dicapai dalam jangka pendek dan satu tujuan berfokus jangka panjang.


Tujuan Keuangan Jangka Pendek: Dana Darurat

Dana darurat menjadi penyelamatmu ketika dalam situasi mengeluarkan biaya tidak terduga. Jika tidak memiliki dana darurat atau penghasilanmu selalu habis setiap bulannya, menabung untuk dana darurat harus diprioritaskan daripada tujuan tabungan jangka pendek lainnya.

Pertama, tentukan seberapa banyak yang kamu butuhkan dan ingin ditabung. Misalnya, kamu ingin menabung untuk tiga sampai enam bulan atau kamu bisa memilih menyimpan dengan jumlah yang sudah ditetapkan.


Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Saat menetapkan tujuan kedua ini, pertimbangkan apa yang ingin dicapai dalam lima, sepuluh, atau dua puluh tahun. Misalnya, ingin membeli rumah. Mulailah dengan jumlah yang sudah ditetapkan. Kemudian, tentukan yang perlu ditabung setiap bulan atau tahun.[]


(Retno Ayuningrum)


Tujuan keuangan (Foto: Tagae/Pexels/Katie Harp)


Baca Juga:

Berita terkait
Tips Menjaga Keuangan untuk Mahasiswa
Untuk para mahasiswa mengatur uang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena belum terbiasa.
9 Tips Cerdas dalam Menghemat Uang
Akan sulit untuk menabung ketika Anda tidak memiliki tujuan apa pun. Jadi tetapkan beberapa tujuan tabungan untuk masa depan
6 Tips Agar Keuangan Aman Usai Liburan
Cerdas dalam berbelanja berarti hemat, namun tidak pelit. Setidaknya jangan hanya berpacu pada satu penjual saja.
0
Cara Menetapkan Tabungan dan Tujuan Keuangan
Menabung menjadi penting agar kehidupan keuangan kita lebih baik. Menyimpan uang di bank dapat membuatmu lebih mudah mengatasi keadaan darurat