9 Tips Cerdas dalam Menghemat Uang

Akan sulit untuk menabung ketika Anda tidak memiliki tujuan apa pun. Jadi tetapkan beberapa tujuan tabungan untuk masa depan
Uang (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Meskipun Anda mungkin tidak memiliki kendali atas ekonomi, tetapi Anda memiliki kendali atas tindakan yang dapat mempengaruhi keadaan ekonomi Anda. Seperti halnya berperilaku konsumtif tanpa memikirkan tabungan.

Dalam memulai menabung hal tersulit ialah ketika memulai. Panduan langkah demi langkah tentang cara menghemat uang ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga Anda dapat menabung untuk semua tujuan tabungan jangka pendek dan jangka panjang Anda.

Ketika memulai untuk menyimpan uang, setiap sedikit penting. Maka semakin cepat Anda mulai menabung, semakin cepat pula mencapai tujuan keuangan Anda. Berikut adalah sembilan tips cerdas menghemat uang untuk membantu Anda dalam perjalanan Anda.


1. Tetapkan tujuan penghematan untuk membantu Anda fokus

Akan sulit untuk menabung ketika Anda tidak memiliki tujuan apa pun. Jadi tetapkan beberapa tujuan tabungan untuk masa depan, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk membantu Anda fokus dan membuat Anda tetap termotivasi.

Sasaran jangka pendek berupa hal yang lebih kecil seperti, menabung untuk liburan, atau membeli TV yang lebih besar. Tujuan jangka panjang lebih besar bisa berupa tabungan untuk deposito rumah atau pensiun.

Untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Lebih baik Anda membuat anggaran sehingga dapat melacak keuangan dan mengetahui berapa banyak yang dapat Anda hemat.


2. Jadikan penyimpanan otomatis seperti autodebet.

Lebih mudah untuk menabung ketika Anda tidak perlu memikirkannya. Jadi siapkan pembayaran otomatis dimana saldo akan terpotong dan masuk ke rekening tabungan setiap waktu gajian.

Ini merupakan salah satu cara yang bagus untuk menjadikan tabungan sebagai bagian normal dari pengelolaan uang Anda. Anda juga bisa memberi nama rekening tabungan Anda dengan tujuan yang sudah ditetapkan, seperti 'Liburan' atau 'Rumah' misalnya. Hal ini agar tujuan Anda terasa lebih nyata.


3. Simpan Perubahan

Untuk mempercepat penghematan Anda lebih jauh, Anda mungkin ingin menggabungkan pembayaran otomatis Anda dengan Save the Change.

Save the Change adalah cara cerdas untuk membantu Anda berhemat sambil berbelanja. Secara otomatis mengumpulkan transaksi elektronik ke jumlah yang Anda pilih, lalu mentransfer selisihnya ke rekening tabungan Anda. Anda mungkin bahkan tidak akan menyadari bahwa Anda sedang menabung saat Anda membelanjakannya.


4. Membayar tagihan dengan tepat waktu

Beberapa perusahaan memberi pelanggan mereka diskon pembayaran awal yang menghemat uang Anda hanya dengan membayar tagihan Anda tepat waktu. Orang lain mungkin memiliki biaya keterlambatan pembayaran. Dimana keterlambatan membuat anda membayar lebih banyak dari semestinya.

Anda dapat menghemat uang hanya dengan membayar tagihan dengan tepat waktu. Cukup atur pembayaran otomatis (untuk jumlah pembayaran reguler) atau debit langsung (untuk jumlah tidak teratur) dan tagihan Anda akan dibayar secara otomatis setiap saat pada tanggal jatuh tempo.

Jika Anda membayar dengan pembayaran otomatis, pastikan Anda memeriksa tagihan Anda setiap bulan jika Anda perlu menambah atau menambah jumlah pembayaran reguler Anda.


5. Hindari pengeluaran impulsif

Anda telah melihat jaket keren atau gadget berteknologi tinggi ini dan Anda harus memilikinya. Atau mungkin mainan terbaru dan terhebat yang direcoki oleh anak-anak Anda. Sangat mudah untuk melakukan pembelian tanpa terlalu memikirkannya, tetapi meluangkan sedikit waktu ekstra selalu merupakan ide yang bagus.

Menghindari pembelian impulsif adalah salah satu langkah pertama menuju pengelolaan uang yang baik. Sebaiknya tunggu 30 hari sebelum Anda berbelanja. Setelah satu bulan berlalu, keinginan Anda untuk berbelanja secara royal mungkin telah berlalu juga, dan Anda akan menghemat uang hanya dengan menunggu.

Atau, sebaliknya, mengapa tidak memasukkan biaya barang itu ke rekening tabungan? Saat Anda melihat tabungan Anda tumbuh, Anda akan segera menyadari berapa banyak uang yang sebenarnya dapat dihabiskan untuk pembelian impulsif.


6. Menggabungkan utang dan hemat bunga

Jika Anda memiliki beberapa hutang, misalnya pinjaman mobil, hutang kartu kredit dan sewa beli. Mungkin ada baiknya untuk menggabungkannya menjadi satu. Dengan pinjaman konsolidasi hutang, Anda hanya memiliki satu pinjaman untuk semua hutang Anda sehingga mengelola hutang menjadi lebih mudah dan Anda juga dapat menghemat uang dalam biaya bunga.

Uang yang Anda simpan kemudian dapat digunakan untuk melunasi pinjaman Anda lebih cepat. Semakin cepat hutang Anda berkurang, semakin rendah biaya bunga Anda dan semakin cepat Anda memiliki lebih banyak uang gratis untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan jangka panjang.


7. Batalkan keanggotaan dan langganan

Apakah Anda memiliki keanggotaan gym atau langganan lainnya? Jika Anda tidak menggunakan keanggotaan atau langganan itu, mungkin ada baiknya untuk membatalkannya atau mencari paket yang lebih murah yang lebih cocok untuk Anda.

Bahkan jika Anda menggunakannya sesekali, Anda mungkin masih lebih baik membatalkan dan membayar saat Anda menggunakannya. Inilah cara Anda mengetahui apakah layak untuk membatalkan keanggotaan atau langganan Anda:

Biaya bulanan keanggotaan/langganan ÷ Rata-rata berapa kali Anda menggunakan keanggotaan/langganan Anda setiap bulan

Maka total ini akan memberi Anda harga yang Anda bayar setiap kali Anda menggunakan keanggotaan/langganan Anda. Jika jumlah ini lebih dari tarif biasa, mungkin sudah waktunya untuk membatalkan keanggotaan atau langganan itu dan membayar sesuai pemakaian.


8. Buatlah pilihan yang sehat untuk membantu Anda menabung

Berhenti merokok, menghindari takeaways, atau melewatkan pagi itu putih datar bisa sehat untuk Anda dan tujuan tabungan Anda. Melihat tabungan Anda naik seperti ini juga dapat membantu memotivasi Anda untuk tetap pada tujuan kesehatan Anda. Ini adalah win-win untuk Anda.


9. Dan terakhir, jangan pernah menyerah!

Pada dasarnya menabung bisa memakan banyak biaya, kekuatan, kemauan, pengorbanan dan fokus. Tapi begitu Anda menguasainya, itu menjadi lebih mudah dan di masa depan, Anda akan bersyukur Anda mulai menabung ketika Anda melakukannya.

Tak hanya 9 hal itu, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk mengikuti blog manajemen uang dan banyak membaca serta mempelajari manfaat mengelola keuangan. Karena dengan mempertambah ilmu Anda dapat mencari tahu letak keberhasilan ataupun kesalahan yang terjadi.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Agar Anggaran Keuangan Kamu Bisa Berhasil
Sebagian besar orang yang mengikuti anggaran merasa lebih bisa memegang kendali, lebih percaya diri, dan lebih aman.
5 Tips Jitu Mengelola Keuangan untuk First Jobber
Untuk meminimalisir terjadinya pemborosan terhadap gaji yang telah didapat, kamu haruslah mengelola dan mengontrol keuangan tersebut.
Bertengkar dengan Pasangan Karena Keuangan? Ikuti 4 Tips Ini
Jika salah satu dari kalian mengalami kesulitan pada anggaran, sudah saatnya luangkan waktu untuk duduk bersama dan mencari penyebabnya.
0
9 Tips Cerdas dalam Menghemat Uang
Akan sulit untuk menabung ketika Anda tidak memiliki tujuan apa pun. Jadi tetapkan beberapa tujuan tabungan untuk masa depan