6 Tips Agar Keuangan Aman Usai Liburan

Cerdas dalam berbelanja berarti hemat, namun tidak pelit. Setidaknya jangan hanya berpacu pada satu penjual saja.
Berlibur aman bujet (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Berlibur merupakan kebutuhan banyak orang, terlebih setelah diselimuti oleh berbagai pekerjaan berat dan melelahkan. Dengan berlibur, diharapkan dapat membuat pikiran segar atau fresh kembali sehingga meningkatkan keoptimalan dalam bekerja.

Namun tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa berlibur hanya malah menambah masalah karena mengeluarkan uang banyak. Terlebih hal itu merupakan pemborosan yang merugikan sehingga membuat cash flow susah dikendalikan. Oleh sebab itu, inilah langkah dan tips agar keuanganmu tetap aman usai liburan.


1. Menyesuaikan Liburan dengan Anggaran

Sebelum berlibur, pastikanlah anggaran yang kamu punyai sesuai dengan liburanmu. Oleh sebab itu, sesuaikan terlebih dahulu anggaran dengan liburan, barulah memilih destinasi yang ingin dikunjungi. Setidaknya alokasikanlah sebesar 20% dari penghasilanmu untuk berlibur.

Selain itu kamu juga harus menyiapkan berbagai dana untuk berlibur, seperti belanja buah tangan, kebutuhan makan, dan lain-lain. Selain itu, jangan berhutang untuk mengumpulkan dana berlibur. Cukup bersabar dan disiplin, dana liburan pun bisa tercapai.


2. Siapkan Dana Darurat

Tidak ada yang tahu apa yang terjadi dikemudian hari. Bahkan bisa saja padahal pagi hari kamu sedang berlibur, siang harinya kamu mengalami kesialan. Oleh sebab itu perlulah menyiapkan dana darurat untuk membutuhi kebutuhanmu saat berlibur. Serta jangan sekali-sekali menyentuh dana darurat ini agar tidak kebingungan saat ingin digunakan.


3. Buatlah Rencana Perjalanan (itinerary)

Supaya liburanmu menyenangkan dan uangmu terkendali, buatlah rencana kegiatan dengan detail. Seperti destinasi mana saja yang ingin kamu kunjungi, waktu berkunjung, apa yang ingin dibeli, siapkan bujet untuk berbelanja, dan lain sebagainya. Hal ini memudahkanmu ketika terdapat sesuatu yang terlewatkan.


4. Pilihlah Destinasai yang Terjangkau

Destinasi wisata memang menawarkan beragam keuntungan. Banyak orang yang beranggapan “ada harga, ada kualitas”. Namun jangan menjadikan itu sebagai patokan untuk memilih destinasi yang mahal. Sebaiknya kamu meriset ragam destinasi yang terjangkau dengan bujet dan wilayah. Masih banyak destinasi wisata dengan bujet murah namun pemandangan alam indah dan kebutuhan hidup tercukupi.


5. Liburan di luar Musim Libur

Supaya bujetmu aman, sebaiknya berlibur ketika musim libur belum tiba. Hal ini untuk menghindari adanya keramaian dan kenaikan harga yang siginifikan. Terlebih tiket berbagai armada transportasi ketika mendekati musim libur akan tambah mahal.


6. Cerdas Saat Berbelanja

Cerdas dalam berbelanja berarti hemat, namun tidak pelit. Setidaknya jangan hanya berpacu pada satu penjual saja. Selain itu kamu memerlukan keahlian untuk menawar agar tidak ditipu karena kamu sebagai seorang pendatang. Cukup beli oleh-oleh yang bermanfaat dan mudah untuk dikenang serta dibawa.[]


(Rafi Raifuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Cermat Berasuransi Agar Tak Rugi dari Cindy Xie dan Lolita Setyawati
Stigma orang-orang terhadap asuransi masih sangat rendah atau masih belum mengetahui tentang apa itu asuransi.
Tips Jitu Mendidik Anak untuk Hidup Hemat
Ketika anak Anda sudah tahu dan bisa mengatur uang jajannya dengan baik, selanjutnya, ajari si kecil menabung. Siapkan celengan unik dan lucu.
Simak Nih, 7 Tips Cara Mengelola Keuangan Biar Gak Jebol
Setelah Kamu mendidik diri sendiri tentang kebiasaan ini, Anda dapat membuat rencana untuk meningkatkannya.
0
6 Tips Agar Keuangan Aman Usai Liburan
Cerdas dalam berbelanja berarti hemat, namun tidak pelit. Setidaknya jangan hanya berpacu pada satu penjual saja.