Cara Menentukan Undertone Kulit

Undertone adalah warna dasar yang kulit yang didapatkan dari gen atau keturunan.
Jenis undertone dilihat dari pembuluh darah (Foto:Tagar/ pinterest)

Jakarta - Undertone adalah warna dasar yang kulit yang didapatkan dari gen atau keturunan. Jadi warna dasar kulit tidak akan berubah meskipun terkena sinar matahari, penggunaan produk ataupun perawatan lainnya.

Perlu diketahui juga undertone kulit terbagi menjadi tiga, yaitu cool, warm dan neutral. Cool undertone biasanya memiliki warna kulit yang dipengaruhi oleh warna pink, merah atau kebiruaan.

Warm undertone ialah orang yang memiliki warna kulit dengan pengaruh rona kuning, peach, atau keemasan.

Neutral undertone merupakan perpaduan antara cool dan warm undertone. Orang memiliki undertone neutral dikatakan beruntung karena cocok menggunakan warna apapun.

Warna skintone maupun undertone tidak selalu sama meski orang yang tersebut memiliki warna kulit yang sama. Skintone dan undertone saling berkaitan. 

Skintone dipengaruhi oleh undertone kulit yang cukup berpengaruh pada tampilan kulit anda.

Maka dari itu kita perlu mengetahui secara menyeluruh skintone apa yang kita miliki, agar mendapatkan makeup dan warna baju yang tepat untuk anda. Terdapat empat cara untuk mengetahui skintone apa yang kamu miliki. Yuk simak penjelasan berikut.


1. Pembuluh Darah

Cara yang paling mudah dan memiliki hasil yang akurat dalam menentukan undertone ialah dengan melihat pembuluh darah yang yang berada di pergelangan tangan.

Pada cool undertone mereka memiliki pembuluh darah yang berwarna cendrung ke biru. Sedangkan pada warm undertone warna pembuluh darah cendrung ke hijau.Lalu pada neutral undertone mereka memiliki pembuluh darah berwarna cendrung keunguan.

Untuk hasil yang maksimal, pastikan tangan kamu berada di bawah sinar matahari yang cukup terang agar memperjelas warna dari pembuluh darah.


2. Penggunaan Perhiasan

Kebanyakan perhiasan terbuat dari emas dan perak. Pemakaian perhiasaan juga dapat menjadi cara kamu untuk mengetahui jenis undertone apa yang kamu miliki. 

Jika kamu terlihat cocok dengan perhiasaan berwarna gold, maka undertone yang kamu miliki adalah warm. 

ebaliknya apabila kamu cocok dengan perhiasaan yang berwarna silver, maka undertone yang kamu miliki adalah cool undertone. 

Beruntung bagi yang memiliki neutral undertone karena mereka cocok dikedua warna dari perhiasaan tersebut.


3. Kuteks

kuteks atau pewarna kuku ternyata juga bisa loh menentukan jenis undertone apa yang kamu miliki. Dengan menggunakan 2 warna cat kuku yang berbeda, yakni hijau dan biru. Kemudian lihatlah warna apa yang cocok digunakan pada kulit anda.

Apabila warna hijau, maka kamu memiliki warm undertone, apabila warna biru lebih cocok di kulit anda maka kamu memiliki cool undertone. Sedangkan jika kamu merasa kedua warna cocok, maka kamu memiliki neutral undertone.


4. Reaksi Kulit Di Bawah Sinar Matahari

Guna mengecek undertone, kamu juga bisa menentukan jenis undertone apa yang kamu miliki setelah terpapar sinar matahari dengan durasi yang cukup lama. 

Jika setelah berjemur, kulit wajahmu berubah menjadi pink kemerah-merahan itu menandakan bahwa kamu memiliki cool undertone.

Sedangkan apabila kulit mu berwarna kecoklatan maka kamu termasuk ke dalam warm undertone.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
Nutrisi dari pepaya juga dapat membantu mencegah kebotakan pada rambut.
Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
ir bekas mencuci beras sebaiknya jangan langusng dibuang, ada berbagai khasiat yang terkandung dalam air tajin.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah
Memang jerawat cepat hilang tetapi bekas jerawat akan terus berada di kulit lebih lama dibanding jerawat itu sendiri.
0
Komitmen Pemerintah Wujudkan Tertib Tata Ruang & Pertanahan
Kementerian ATR/BPN berkomitmen mewujudkan tertib tata ruang dan pertanahan yang di bahas dalam sosialisasi peraturan pemerintah turunan UUCK.