5 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit

Menurut dokter kulit, penggunaan serum vitamin C secara rutin dapat meratakan warna kulit dan membantu Anda mendapatkan kulit yang bersih.
Ilustrasi serum vitamin C. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Vitamin C merupakan merupakan salah satu vitamin terbaik untuk semua jenis kulit karena berfungsi sebagai  antioksidan yang bermanfaat bagi semua jenis kulit.

Menurut dokter kulit, penggunaan serum vitamin C secara rutin dapat meratakan warna kulit dan membantu Anda mendapatkan kulit yang bersih. Dilansir dari Insider, berikut manfaat lainnya dari penggunaan serum vitamin C.


1. Mengurangi bintik hitam

Vitamin C membantu meringankan bintik-bintik gelap pada kulit dengan membatasi enzim yang memproduksi melanin.

Bintik-bintik gelap terbentuk karena kelebihan produksi melanin, dan pigmen gelap, di kulit. 

Produksi melanin berlebih dapat dipicu oleh beberapa hal, termasuk kerusakan akibat sinar matahari, kehamilan, minum obat tertentu, atau penuaan.


2. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu protein berserat yang membantu membentuk jaringan ikat di kulit. 

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin berkurang. Inilah yang menyebabkan kulit kehilangan elastisitas, dan melorot.

Sementara, penuaan kulit tidak dapat dihindari, penggunaan vitamin C setiap hari dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan memperlambat proses penuaan.

Peningkatan kolagen ini membantu mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.


3. Mengatasi kerusakan akibat sinar matahari

Radiasi ultraviolet (UV) dari matahari atau tanning bed adalah salah satu penyebab utama penuaan dan kerusakan sel kulit dari waktu ke waktu. 

Ketika matahari menyerang kulit, dapat membentuk radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan kulit.

Tetapi vitamin C dapat membantu membatasi kerusakan ini karena sifat antioksidannya.

Antioksidan, seperti vitamin C, mencegah kerusakan sel dengan menetralkan radikal bebas dari efek berbahaya seperti merokok dan sinar matahari.

Penting untuk diketahui bahwa serum vitamin C tidak dapat bertindak sebagai pengganti tabir surya/sunscreen, karena tidak menghalangi dan menyerap radiasi ultraviolet dari matahari.

Namun, menggunakan kombinasi keduanya akan memberi kulit perlindungan yang cukup terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 


4. Meminimalkan kemerahan dan peradangan

Kulit bisa menjadi merah dan meradang karena berbagai alasan termasuk jerawat, kerusakan akibat sinar matahari, kondisi kulit seperti dermatitis, dan reaksi alergi terhadap obat tertentu. 

Vitamin C adalah anti-inflamasi, yang berarti dimaksudkan untuk membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Anti-inflamasi diperlukan untuk merawat kulit. Ketika digunakan secara topikal, seperti vitamin C, mereka dapat memperbaiki penampilan kulit dengan menenangkan kemerahan.


5. Membantu menyembuhkan kulit

Vitamin C membantu penyembuhan kulit dengan beberapa cara:

Ketika dioleskan langsung ke luka, akan merangsang produksi kolagen dan elastin, yang memicu kulit untuk menyembuhkannya sendiri. 

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi, serta nutrisi lain yang diperlukan dalam penyembuhan luka.

Bagi orang yang kekurangan vitamin C, mengonsumsi seribu miligram suplemen vitamin C sehari terbukti meningkatkan penyembuhan luka secara drastis. []


Baca Juga :






Berita terkait
5 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
Nutrisi dari pepaya juga dapat membantu mencegah kebotakan pada rambut.
Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
ir bekas mencuci beras sebaiknya jangan langusng dibuang, ada berbagai khasiat yang terkandung dalam air tajin.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah
Memang jerawat cepat hilang tetapi bekas jerawat akan terus berada di kulit lebih lama dibanding jerawat itu sendiri.
0
5 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit
Menurut dokter kulit, penggunaan serum vitamin C secara rutin dapat meratakan warna kulit dan membantu Anda mendapatkan kulit yang bersih.