5 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Nutrisi dari pepaya juga dapat membantu mencegah kebotakan pada rambut.
Ilustrasi

Jakarta – Pepaya adalah buah yang bagus untuk perawatan kecantikan seperti kulit dan rambut. Hal itu disebabkan enzim papain dalam pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah terlihat bersih dan sehat. Tidak hanya itu, nutrisi dari pepaya juga dapat membantu mencegah kebotakan pada rambut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat pepaya untuk kesehatan kulit dan rambut


1. Mencegah jerawat

Pepaya dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan noda pada kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan enzim papain dan chymopapain yang efektif mecegah jerawat dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Agar kandungan enzim pada pepaya bekerja secara maksimal, buatlah jus pepaya dengan tekstur yang sedikit kasar. Setelah itu, oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Jika diterapkan secara rutin cara ini efektif mencegah jerawat dan membuat kulit menjadi lebih bersih.


2. Mencegah penuaan pada kulit

Buah yang memiliki banyak biji ini memiliki kandungan vitamin A yang dapat menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Pepaya juga memiliki kandungan alpha hydroxy acids (AHA) yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kerutan dan garis halus. Selain itu, kandungan vitamin C dan E pada pepaya dapat meremajakan kulit, sehingga membuat kulit wajah tampak lebih muda dan sehat.


3. Mencerahkan kulit

Kandungan enzim papain dalam pepaya juga dapat membuat kulit lebih cerah. Sebab, enzim alami tersebut dapat meningkatkan pembaruan kulit dan pergantian sel, sehingga sel-sel yang baru akan menggantikan yang lama.


4. Menutrisi rambut

Berdasarkan penelitian, nutrisi dalam pepaya dapat membantu mencegah kebotakan. Oleh karena itu, mengonsumsi pepaya minimal tiga kali dalam seminggu, bisa membantu mengurangi penipisan pada rambut. Selain itu, kandungan vitamin, mineral dan protein pada buah pepaya juga dapat meningkatkan pertumbuhan, dan kekuatan rambut, serta mengurangi ujung rambut bercabang.


5. Mengatasi ketombe

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C dan A dalam jumlah yang tinggi. Hal ini membuat pepaya mampu membantu menghilangkan sel kulit mati, kemudian mendorong pergantian sel yang sehat dan memberi nutrisi pada batang rambut. Tidak hanya itu, biji pepaya juga memiliki sifat anti jamur yang dapat mencegah ketombe pada kulit kepala.

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga :



Berita terkait
10 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan
Daun pepaya banyak digunakan dalam bentuk jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit.
Resep dan Cara Membuat Pepaya Muda Tumis Pedas
Sebagian dari Anda mungkin sudah sering mendengar tumis pepaya muda. Berikut cara membuatnya agar lebih enak.
7 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Buah manis dengan warna daging oranye ini ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita loh. Mau tau apa saja?
0
5 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
Nutrisi dari pepaya juga dapat membantu mencegah kebotakan pada rambut.
6 Manfaat buah Durian Bagi Kesehatan
12 Urutan Zodiak Paling Rendah Hati