Cara Mempunyai Kartu Kredit Jika Belum Ada Penghasilan

Oleh sebab itu, kamu harus simak penjelasan berikut ini jika ingin punya kartu kredit walaupun belum mempunyai penghasilan.
Pengajuan kartu kredit (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Kartu kredit nampaknya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Selain menawarkan kemudahan dalam pembayaran, terdapat pula bonus atau reward menarik ketika kamu menggunakan kartu kredit.

Bahkan terdapat juga orang yang ingin menggunakan kartu kredit padahal belum punya penghasilan. Oleh sebab itu, kamu harus simak penjelasan berikut ini jika ingin punya kartu kredit walaupun belum mempunyai penghasilan.


1. Berikan Dokumen Jaminan

Sebenarnya jaminan awal yang harus kamu berikan adalah slip gaji. Karena jika tidak ada slip gaji, wajar saja apabila bank menolak pengajuan kartu kreditmu. Namun ternyata kamu bisa mengajukan dokumen jaminan lain, salah satunya seperti deposito.

Jika kamu memiliki deposito, maka pihak bank akan merasakan adanya jaminan dan akan menjadi bahan pertimbangan mereka tentang kartu kreditmu. Nantinya, besaran deposito yang kamu miliki akan memengaruhi batas penggunaan kartu kredit yang ditetapkan bank untukmu.


2. Miliki Tabungan di Bank yang Sama

Jika kamu tidak punya penghasilan, setidaknya kamu bisa mengajukan kartu kredit pada bank di tempat kamu menambung. Hal ini akan memudahkan bank dalam pengecekan keuanganmu.

Pada dasarnya, bank hanya ingin memastikan bahwa kartu kredit yang dikeluarkannya tidak menjadi masalah, baik pihak nasabah maupn bank. Apabila mereka tidak menemukan adanya masalah pada alur kas tabungan, besar kemungkinan pengajuan pembukaan kartu kreditmu akan disetujui.


3. Ajukan di Bank Sesuai Domisili

Jika kamu mengajukan kartu kredit pada bank sesuai domisilimu, kemungkinan akan diterima. Pasalnya pihak bank akan lebih mudah melacak dan mencari tahu tempat tinggalmu bila mereka kesulitan menghubungimu.

Namun tidak selamanya pengajuan kartu kredit di kota lain terjadi penolakan, tapi alangkah lebih baik jika mengajukannya di kota sendiri. Meskipun bukan syarat pasti, namun setidaknya ini akan menjadi pertimbangan pihak bank untuk menyetujui kartu kreditmu.

Itulah tadi 3 cara yang dapat kamu jadikan solusi untuk mengajukan kartu kredit jika belum memiliki tabungan. Setidaknya pihak bank akan mempertimbangkan hal tersebut ketika kamu memberikan jaminan yang pasti dan sesuai.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
6 Tips Cara Menyiapkan Dana Pensiun
Intinya, jangan terlalu sibuk mengumpulkan dana pensiun hingga melupakan proteksi yang juga kita butuhkan di masa tua nanti.
Persiapkan Masa Depan, Ini Tips Berinvestasi Jangka Panjang
Investasi adalah sebuah permainan panjang, baik berinvestasi untuk masa pensiun ataupun untuk menumbuhkan tabungan kamu. Begini tipsnya.
Menabung dan Berinvestasi Uang, Apa Bedanya?
Menabung dan berinvestasi tetap diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan mempelajari tips membantumu mengelola uang dengan disiplin.
0
Cara Mempunyai Kartu Kredit Jika Belum Ada Penghasilan
Oleh sebab itu, kamu harus simak penjelasan berikut ini jika ingin punya kartu kredit walaupun belum mempunyai penghasilan.