Tips Merencanakan Liburan dengan Anak Saat Pandemi

Hampir semua orang ingin merasakan kebebasan berwisata sama seperti sebelum datang Covid-19. Nah, berikut tips merencanakan liburan saat pandemi.
Ilustrasi - Liburan dengan anak-anak saat pandemi. (Foto: Tagar/Travel)

Jakarta - Setelah sekian lama tidak berlibur bersama keluarga, terutama dengan anak-anak, akibat pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, alhasil banyak orang tua yang merencanakan liburan setelah pandemi berakhir. 

Namun, tak sedikit pula yang tidak mengetahui tips liburan pasca pandemi, terlebih liburan bersama buah hati. Sebab, saat liburan begitu banyak perlengkapan yang harus dibawa. 

Liburan seharusnya menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain melepas penat, liburan juga bisa menjadi momen tak terlupakan bersama keluarga.

Kendati begitu, Anda tetap bisa liburan aman, nyaman, dan sehat saat pandemi berlangsung. Tapi, Jangan sampai waktu-waktu hangat tersebut buyar karena terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah, salah satu tujuan wisata yang bisa dipilih adalah wisata alam. Ketika anak aktif bereksplorasi di alam, mereka bisa berinteraksi dengan lingkungan dan makhluk sekitar. Sehingga, memicu daya imajinasi dan kreativitasnya serta mendukung kecerdasan emosional si kecil.

Anak-anak yang sering diajak berwisata alam juga cenderung lebih bahagia. Dilansir The Conversation, penelitian menunjukkan bahwa mengeksplorasi alam bisa membuat anak menghormati dirinya sendiri dan orang lain. 

Wisata alam juga dapat mengurangi gejala depresi pada anak, serta menurunkan risiko perilaku bermasalah. Sebab, anak-anak bisa mengatur emosi mereka saat bermain di alam.

Tak hanya itu, Anda juga perlu selektif dalam memilih wisata alam. Tak sekadar melepas penat, destinasi yang dipilih juga perlu ramah terhadap anak. 

Artinya, wisata tersebut bisa memenuhi unsur-unsur tertentu yang dapat memenuhi hak anak, sehingga dapat tetap edukatif dan menyenangkan. Dengan begitu, anak dapat mempelajari hal baru dengan baik. []

Berita terkait
Rasa Bersalah Wisatawan Jerman Ketika Liburan ke Mallorca
Pada libur Paskah turis Jerman diperkirakan kembali ke Pulau Mallorca, Spanyol, terjadi perdebatan tentang berlibur saat pandemi Covid-19
Grand Whiz Poins Simatupang Tawarkan Paket Liburan Imlek 2021
Hotel Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta tawarkan paket menarik liburan Imlek 2021. Berikut selengkapnya.
Nataru, Doni Monardo: Liburan Aman, Nyaman di Rumah Saja
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 imbau masyarakat rayakan Natal dan Tahun Baru 2021 dengan di rumah saja.
0
Tips Merencanakan Liburan dengan Anak Saat Pandemi
Hampir semua orang ingin merasakan kebebasan berwisata sama seperti sebelum datang Covid-19. Nah, berikut tips merencanakan liburan saat pandemi.