Siap Menjadi YouTuber Sukses? Simak Tips Berikut!

YouTube menjadi salah satu platform yang banyak diminati. Bekerja keraslah memproduksi konten yang memang sesuai dengan pakem yang Anda buat.
Ilustrasi - Bayu Skak, seorang YouTuber. (Foto: Tagar/YouTuber/Bayu Skak)

Jakarta - Hari ini, YouTube menjadi salah satu platform yang banyak diminati oleh masyarakat, baik untuk mendapatkan konten yang dibutuhkan maupun untuk membuat konten dengan beragam tema. Mulai dari komedi, jalan-jalan, properti, musik, hobi, dan sebagainya.

YouTube menarik untuk didalami karena selain mendatangkan kepuasan batin, konten yang dibuat juga bisa disaksikan oleh banyak orang. YouTube juga bisa mendatangkan pundi-pundi uang bagi kreator yang berhasil menarik perhatian publik, dengan masuknya pengiklan. Maka tak heran, kini semakin banyak orang yang menekuni dunia yang satu ini. Lalu, jika Anda juga ingin terjun dan menekuni dunia yang satu ini, apa saja yang dibutuhkan agar bisa mencapai kesuksesan? 

Berikut ini 5 tips jika ingin menjadi seorang YouTuber sukses: 

1. Konsiten dan jadi diri sendiri

Mengunggah konten secara konsisten dinilai dapat berpengaruh pada kesuksesan Anda dalam merintis sebuah akun YouTube. Meski hal ini tidak mudah, misalnya dalam satu minggu Anda harus terjadwal menggunggah konten, konsisten dan terus diupayakan. Agar tidak tertekan, maka buatlah konten yang bisa Anda nikmati, bahas sesuatu yang memang sesuai dengan karakter Anda. 

Jangan lupa, untuk menampilkan diri Anda yang sesungguhnya, artinya tidak menutupinya dan mencoba menjadi orang lain. Mengapa? Itu melelahkan. Jangan paksakan diri Anda untuk tampil seperti YouTuber lain, mereka bukan Anda, dan Anda bukan mereka. Masing-masing memiliki keunikan yang bisa jadi menjadi daya taik tersendiri di mata audiens.

2. Tumbuhkan pemirsa dengan jalin kolaborasi yang tepat

Berkolaborasi dengan YouTuber atau tokoh lain dapat menjadi salah satu kunci suksesnya seorang YouTuber pemula. Bagi Anda yang namanya belum begitu dikenal publik, maka cobalah lakukan berbagai kolaborasi konten dengan berbagai pihak lain yang sudah memiliki audiens.

Kolaborasi harus dilakukan sejak awal akun dibuat dan Anda memulai perjalanan YouTube Anda. Ini perlu dilakukan agar Anda mendapatkan eksposur dari khalayak yang lebih luas. Dan jika konten kolaborasi Anda menarik, bukan tidak mungkin orang yang semula adalah audiens dari orang lain akan menjadi audiens setia Anda juga. 

3. YouTube Rich tidak datang dalam satu malam

Agar akun YouTube Anda bisa mendatangkan pundi-pundi uang ke rekening Anda, maka Anda harus tekun dan telaten merawatnya. Bisa jadi dibutuhkan waktu bertahun-tahun hingga Anda mencapai angka standar yang bisa diuangkan atau dimonitasi. Mulai dari angka tayang, waktu penayangan, hingga jumlah pengikut atau subscriber.

4. Jangan lukai diri Anda secara digital

YouTube adalah platform yang di dalamnya terdapat beraneka ragam manusia dengan kepribadiannya masing-masing. Mereka dapat menyaksikan diri Anda dan konten apa yang Anda sajikan. Sebagai seorang kreator, kita tidak bisa memaksa semua audiens untuk menyukai apa yang kita buat. Ada kalanya mereka tidak suka, meninggalkan komentar buruk, dan sebagainya.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah tidak perlu mencari tahu lebih jauh terkait hal-hal negatif itu, karena secara tidak langsung itu akan melukai diri Anda dan bisa jadi membuat Anda kehilangan semangat dalam berkarya.

5. Tidak ada cara pintas untuk dapatkan audiens yang loyal

Jangan sekali-kali mengandalkan konten viral untuk mendapatkan audiens yang loyal. Baik, konten viral mungkin dapat mendatangkan eksposur yang tinggi pada Anda dan akun Anda dalam waktu yang cepat. Namun semua itu tidak akan membuat mereka bertahan, karena keviralan itu hanya berusia pendek. Sebagai gantinya, bekerja keraslah memproduksi akun-akun yang memang sesuai dengan pakem yang Anda buat.

Apa saja? Misalnya di bidang kuliner, dengan kepribadian Anda yang menarik, berkolaborasi dengan orang-orang yang unik, dan sebagainya. Termasuk membuat judul yang sensasional, ini adalah hal yang perlu dihindari, karena orang-orang mungkin akan kehilangan kepercayaan terhadap Anda yang dinilai menipu mereka dengan judul yang tidak terjawab di dalam konten. Dengan melakukan hal-hal tersebut, perlahan tapi pasti Anda akan mendapatkan audiens yang loyal dan mendukung Anda atas karya-karya baik yang Anda hasilkan. Selamat mencoba! []



Baca juga


Berita terkait
Bikin Baper, Dayana Kazakhstan Kangen ke YouTuber Fiki Naki
YouTuber Fiki Naki dan gadis cantik asal Kazakhstan Dayana Asembaya kembali bikin para netizen baper. Ini setelah Dayana mengaku kangen ke Fiki.
Bikin Crispy Crepes Mudah - Nikmat ala YouTuber Jessica Jane
Crepe merupakan camilan yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Begini cara membuat crispy crepes ala Jessica Jane.
Komentar Denny Siregar Soal Keberatan Eiger ke YouTuber
Menurut Denny, Eiger seharusnya merangkul Dian yang telah mempromosikan produk mereka secara gratis.
0
David Beckham Refleksikan Perjalanannya Jadi Pahlawan untuk Inggris
David Beckham juga punya tips untuk pesepakbola muda, mengajak mereka untuk menikmati momen sebelum berlalu