Cara Membedakan Skintone dengan Undertone

Jika kamu melihat orang yang memiliki warna kulit yang sama denganmu, belum tentu ia memiliki undertone yang sama denganmu.
Ilustrasi perbedaan skintone dan undertone (Foto:Tagar/ Pexels)

Jakarta - Kebanyakan orang masih suka salah pengertian mengenai skintone dan undertone, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda. Secara singkat, skintone adalah tingkat warna kulit anda yang dapat berubah dipengaruhi oleh paparan sinar matahari. 

Sedangkan undertone adalah warna dasar kulit dan tidak dapat berubah meski terpapar sinar matahari.

Agar kalian dapat lebih paham, yuk simak penjelasan berikut.


Skintone

Skintone merupakan warna kulit yang yang terlihat langsung secara kasat mata, seperti warna kulit putih, gading, kuning langsat, sawo matang maupun deep tan. Kuning langsat termasuk warna kulit yang terdapat di antara gelap dan putih. Kebanyakan orang Indonesia khususnya perempuan memiliki kulit kuning langsat.

Sementara kulit putih gading diartikan sebagai warna kulit yang putih namun sendrung pucat. Terakhir skintone sawo matang yag lebih cendrung mengarah kecoklat ataupun gelap. Skintone dapat berubah karena beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari, penggunaan skincare, dan kebiasaan sehari-hari.


Undertone

Undertone adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen. hal ini menunjukan bahwa undertone tidak dapat berubah meskipun dipengaruhi beberapa faktor. Jika kamu melihat orang yang memiliki warna kulit yang sama denganmu, belum tentu ia memiliki undertone yang sama denganmu.

Undertone sendiri tidak terlihat terlalu jelas di permukaan kulit, namun warna ini cukup memperngaruhi penampilan warna kulit kamu. Secara garis keras ada 3 jenis undertone yang dikenal secara missal, yaitu cool, warn dan cool.

Cool undertone biasanya memiliki warna kulit yang dipengaruhi oleh warna pink, merah atau kebiruaan.

Warm undertone ialah orang yang memiliki warna kulit dengan pengaruh rona kuning, peach, atau keemasan.

Neutral undertone merupakan perpaduan antara cool dan warm undertone. Orang memiliki undertone neutral dikatakan beruntung karena cocok menggunakan warna apapun.[]


(Fiona Renatami)


Baca Juga:

Berita terkait
Intip Olahraga Selebriti, Agar Tetap Bugar dan Awet Muda
Mulai dari selebriti muda, hingga beberapa artis cantik yang berusia di atas 40-an juga aktif berolahraga.
Ingin Awet Muda? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur
Biasanya para kaum hawa rutin untuk melakukan perawatan pada kulitnya untuk mendapatkan kulit yang awet muda.
Cara Meningkatkan Kolagen Agar Tetap Awet Muda
Kolagen merupakan sejenis protein yang terdapat dalam otot, tulang, urat, hingga kulit. Berikut cara meningkatkan kolagen agar tetap awet muda.
0
Cara Membedakan Skintone dengan Undertone
Jika kamu melihat orang yang memiliki warna kulit yang sama denganmu, belum tentu ia memiliki undertone yang sama denganmu.